Idul Adha dua bulan lagi, ini 3 tips mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban

Selasa, 04 Mei 2021 | 22:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Idul Adha dua bulan lagi, ini 3 tips mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban

KONTAN.CO.ID - Hari Raya Idul Adha di tahun ini jatuh pada tanggal 19 Juli 2021. Itu berarti, hanya tersisa waktu kurang lebih dua bulan untuk mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban. 

Bagi umat Islam yang sudah bekerja, bisa memanfaatkan tunjangan hari raya (THR) untuk membeli hewan kurban. Pasalnya, harga kambing rata-rata dimulai dari harga Rp 2 jutaan, dan harga sapi di atas Rp 10 juta. 

 

3 Tips mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban 

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut tips mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban:

1. Jalani gaya hidup hemat

Hemat berarti Anda bisa fokus untuk mengurangi pengeluaran yang memang sifatnya bukan pengeluaran pokok. Misalnya, kalau Anda work from office (WFO), bisa membawa bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran. 

Jika biasanya makan siang dan minum akan menghabiskan uang sebesar Rp 20.000, Anda tidak akan keluar uang sama sekali kalau membawa bekal dari rumah. Anda akan lebih hemat Rp 20.000 x 22 hari, yaitu Rp 440.000. 

Sementara untuk Anda yang work from home (WFH), pengeluaran untuk makan tentu lebih sedikit karena kemungkinan untuk memasak jauh lebih besar. Sekalipun bila Anda kurang bisa memasak, tidak sulit untuk mengupayakan lauk pauk atau sayuran yang simpel. 

Dengan menjalani gaya hidup hemat, Anda jadi bisa menyimpan uang untuk kebutuhan yang memang primer atau utama. Sehingga, target untuk membeli hewan kurban jadi semakin cerah.

Baca Juga: ​Inilah sejarah kecap manis di Indonesia, berawal dari kecap asin pedagang China

2. Manfaatkan THR dengan bijak

Selain menyisihkan uang saat gajian, Anda juga bisa memanfaatkan THR yang diberikan perusahaan tempat Anda bekerja untuk membeli hewan kurban.

Setelah memenuhi dana kurban dari uang THR, baru Anda bisa fokus memenuhi dana darurat, membayar utang, membayar premi asuransi, hingga berinvestasi.

Tapi selalu ingat, Anda harus menyediakan dana darurat paling tidak 6 kali pengeluaran bulanan bila Anda sudah berumahtangga. 

3. Buat rencana mengumpulkan uang untuk berkurban

Jika ingin membeli kambing seharga Rp 2,5 juta untuk hewan kurban, maka Anda bisa membaginya ke dalam waktu dua bulan dari Mei dan Juni. 

Dalam satu bulan, Anda harus mengumpulkan uang sebesar Rp 1.250.000 agar pada waktu Idul Adha di bulan Juli bisa membeli kambing untuk hewan kurban.

Anda bisa membuat target bulanan, mingguan, atau harian sesuai dengan kemampuan Anda dalam menabung. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memanfaatkan dana THR dengan bijak atau menabung untuk membeli hewan kurban saat Idul Adha nanti.

Selanjutnya: 10 Provinsi dengan produksi daging kerbau terbesar di Indonesia, nomor 1 Aceh

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru