Ingin gula darah normal? Ini 5 rempah-rempah penurun gula darah tinggi

Kamis, 02 September 2021 | 16:45 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin gula darah normal? Ini 5 rempah-rempah penurun gula darah tinggi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda penderita gula darah tinggi? Ini rempah-rempah yang bisa membantu menurunkan gula darah tinggi. 

Gula darah tinggi umum diderita masyarakat tanah air. Seseorang menderita gula darah tinggi karena memiliki pola hidup yang buruk. 

Baca Juga: Catat! Ini 8 penyebab gula darah tinggi yang tidak boleh Anda remehkan

Asal tahu saja, gula darah tinggi bisa meningkatkan risiko diabetes. Mengutip dari Kompas.com, gula darah tinggi ditandai dengan sejumlah gejala yakni sering haus, buang air kecil, merasa lapar terus menerus, kelelahan, dan berat badan turun.

Gula darah tinggi bisa dicegah dengan banyak cara beberapa dianataranya olahraga secara rutin, mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. 

Namun, untuk Anda yang terlanjur menderita gula darah tinggi bisa mulai menjalankan pola hidup sehat. 

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi rempah-rempah untuk membantu menurunkan gula darah tinggi. 

Perlu Anda ketahui, ada cukup banyak jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat menurunkan gula darah tinggi, berikut ulasannya. 

1. Ketumbar 

Mengutip dari Sajiansedap.grid.id, ketumbar bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta membantu produksi insulin. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda sediakan segenggam ketumbar. Anda masukkan segenggam ketumbar ke dalam air lalu biarkan semalaman.  Anda saring dan minum air rendaman ketumbar pada pagi hari saat perut kosong. 

2. Jahe 

Siapa yang tidak kenal dengan jahe. Umumnya, jahe dikonsumsi dengan dijadikan minuman hangat alias wedang. 

Mengutip Grid.id, kandungan dalam jahe bisa membantu mengontrol hormon insulin. 

3. Kayu manis 

Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2, kayu manis mengandung minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tannin, flavonoid, kalsium, oksalat, dan damar.  

Mengutip buku berjudul The Miracle of Herb karya dr Prapto Utami, Desty Ervira Puspaningtyas S.Gz, kayu manis mengandung senyawa kafeat dan sinamat yang berperan untuk menghambat aktivitas enzim glukosidase.  

Bila aktivitas enzim glukosidase terhambat, efeknya kadar gula darah menurun. 

4. Kunyit 

Rempah-rempah berwarna orange ini kaya akan kandungan kurkumin. Sekedar info, kurkumin efektif mencegah diabetes. 

Berdasarkan sebauh penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 dinyatakan kurkimin mampu menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. 

5. Jintan hitam 

Mengutip dari Nakita.grid.id, jintan hitam bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Hal ini disebabkan, rempah-rempah ini kaya akan vitamin, mineral, protein yang bisa menjaga kadar gula darah. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup campurkan setengah sendok minyak jintan hitam ke dalam secangkir teh hitam hangat. 

Anda bisa mengonsumsi salah satu dari kelima jenis rempah-rempah di atas secara rutin. Jangan lupa Anda mulai menjalani pola hidup sehat agar kadar gula darah terkontrol. 

Baca Juga: Sering dianggap lebih sehat, amankah gula merah dikonsumsi penderita diabetes?

Selanjutnya: Dipercaya memiliki banyak manfaat, ini efek samping bawang putih untuk kesehatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru