Ingin mengembalikan dana dan barang di Shopee? Ini syaratnya

Kamis, 08 April 2021 | 14:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ingin mengembalikan dana dan barang di Shopee? Ini syaratnya

ILUSTRASI. Ilustrasi Shopee.

KONTAN.CO.ID - Shopee saat ini menjadi salah satu situs belanja online yang diminati oleh masyarakat. 

Namun, terkadang masyarakat harus mengalami kendala saat berbelanja online seperti barang yang datang ternyata rusak, atau tidak sesuai dengan deskripsi. 

Di Shopee, ada fitur pengembalian dana dan barang jika memang paket yang diterima cacat, rusak, atau tidak sesuai dengan deskripsi. 

Lantas, bagaimana syarat pengembalian dana dan barang di Shopee? 

Baca Juga: J&T Express bakal IPO di AS, incar dana segar hingga Rp 14,4 triliun

Syarat pengembalian dana dan barang di Shopee

Dikutip dari laman resmi Shopee.co.id, berikut syarat pengembalian dana dan barang di Shopee:

  • Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli ("Barang") atau pengembalian dana sebelum berakhirnya Masa Garansi Shopee seperti yang tercantum dalam Syarat Layanan.
  • Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana dalam situasi berikut:
  • Barang belum diterima oleh Pembeli;
  • Barang tersebut cacat dan/atau rusak saat diterima;
  • Penjual telah mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada pembeli;
  • Barang yang dikirimkan kepada pembeli secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan oleh penjual dalam daftar barang; atau
  • Pembeli harus memastikan bahwa barang, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Barang, harus dikembalikan kepada penjual dalam kondisi yang diterima oleh pembeli pada saat pengiriman. Shopee akan menyarankan pembeli untuk mengambil foto barang pada saat diterima.
  • Permohonan pembeli harus dikirimkan melalui situs.

Shopee akan meninjau setiap permohonan pembeli kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan pembeli berhasil atau tidak.

Baca Juga: Bakal IPO di AS, J&T Express incar dana hingga Rp 14,4 triliun

Tanggung jawab biaya pengiriman barang yang dikembalikan

Dalam skenario kesalahan yang tidak terduga dari sisi penjual (yaitu produk rusak, cacat atau salah dikirimkan ke Pembeli), penjual atau pembeli akan menanggung biaya pengiriman pengembalian barang bergantung pada kesepakatan penjual dan pembeli;

Dalam skenario di mana penjual dan pembeli mempersengketakan siapa pihak yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang yang dikembalikan, Shopee atas kebijakannya sendiri akan menentukan siapa pihak yang akan bertanggung jawab atas biaya pengiriman pengembalian Barang.

Pengembalian Dana

Uang Pembeli hanya akan dikembalikan setelah Shopee menerima konfirmasi dari Penjual bahwa Penjual telah menerima barang yang dikembalikan. 

Apabila Shopee tidak mendengar dari penjual dalam jangka waktu yang ditentukan, Shopee memiliki kebebasan untuk mengembalikan jumlah yang sesuai kepada pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada penjual. 

Pengembalian dana akan dilakukan ke kartu kredit atau akun ShopeePay Pembeli, yang mana yang sesuai.

Selanjutnya: Ekspansi ke Malaysia, Jet Commerce perkuat jaringan internasional

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru