Ingin Resolusi Tahun Baru 2023 Tercapai? Ini Tips Agar Harapan Tahun Baru Terwujud

Jumat, 30 Desember 2022 | 12:47 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ingin Resolusi Tahun Baru 2023 Tercapai? Ini Tips Agar Harapan Tahun Baru Terwujud

ILUSTRASI. Ingin Resolusi Tahun Baru 2023 Tercapai? Cek Tips Agar Harapan Tahun Baru Terwujud


TAHUN BARU -  Tahun baru 2023 sudah di depan mata. Sebagian masyarakat mungkin sudah menulis apa saja resolusi dan harapan di tahun baru. 

Agar resolusi 2023 bisa sukses terwujud, Anda perlu menerapkan beberapa tips agar resolusi tersebut tidak menjadi wacana saja. 

Bersumber dari Forbes, hanya sebanyak 19 persen orang sukses melaksanakan resolusi mereka dari sekian banyak orang yang membuat daftar resolusi. 

Sedangkan sebanyak 81 persen orang mengalami kesulitan untuk mengerjakan hal-hal yang mejadi tujuan resolusi mereka.

Baca Juga: 3 Ketentuan Pemeringkatan Peserta SNBP 2023, Siswa Sudah Tahu?

Menurut penelitian yang diterbitkan di Current Biology, manusia lebih memungkinkan mengulang aktivitas yang menyenangkan karena menghasilkan hormon dopamin ketika kita mencoba melakukan aktivitas yang baru. 

Contohnya seperti minuman manis seperti boba atau es krim yang lebih nikmat menyebabkan kegagalan saat Anda mencoba diet dengan makan sayuran dan buah. 

Agar resolusi tahun baru 2023 bisa terwujud dan tidak menjadi wacana, berikut ini tips yang dirangkum dari Forbes

  • Buat resolusi yang nyata dan masuk akal

Banyak orang yang resolusinya berakhir sebagai wacana saja. Beberapa faktor yang membuat seseorang sulit untuk mewujudkan impian tahun barunya adalah resolusi yang terlalu berlebihan. 

Agar resolusi tahun baru bisa sukses terwujud, pilih hal-hal yang nyata dan masuk akal. Artinya pilih resolusi yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Tulis resolusi tahun baru dengan spesifik untuk memudahkan Anda mencari cara untuk mewujudkannya. 

Contohnya seperti resolusi 2023 Anda ingin menulis sebuah karya tulis seperti novel atau cerita pendek. Tulis secara detail, berapa hari seminggu hingga berapa jam setiap harinya untuk menulis. 

Setelah selesai menulis keseluruhan novel, tambahkan juga apa yang ingin Anda lakukan setelahnya. Contohnya seperti mengirim draft novel tersebut ke penerbit atau mengunggahnya di website

  • Hubungkan dengan kebiasaan

Melansir dari Forbes, agar kebiasaan baru bisa terwujud dengan sukses Anda bisa menghubungkan dengan kebiasaan lama. 

Contohnya seperti Anda ingin menambah pengetahuan baru dan kebiasaan atau hobi lama Anda adalah mendengarkan lagu atau podcast

Anda bisa mencari podcast yang berisikan iinformasi atau pengetahuan yang diinginkan. Dengan cara ini Anda bisa menyalurkan hobi mendengarkan sekaligus mendapatkan ilmu baru. 

Jika suatu saat Anda merasa malas untuk mengerjakan resolusi tahun baru, cobalah untuk memotivasi diri sendiri. 

Contohnya seperti "Saya bukan seseorang yang mudah mengabaikan tanggungjawab" atau "Saya adalah orang yang selalu memegang komitmen". Dua kalimat tersebut bisa memotivasi untuk tetap mengejar cita-cita yang belum berwujud.  

Baca Juga: Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2023 dan Jumlah Kuota Masing-Masing Akreditasi Sekolah

  • Mencatat resolusi dan membagikannya

Salah satu kesalahan yang sering membuat resolusi tahun baru hanya menjadi wacana adalah tidak mencatat resolusi tersebut. 

Saat menyusun resolusi tahun 2023, catat apa saja yang ingin dicapai. Setelah semuanya ditulis, bagikan ke teman dekat atau orang lain yang dianggap mampu mengingatkan Anda. 

Minta mereka untuk mengawasi dan mengingatkan jika suatu saat Anda lalai atau membutuhkan masukan. 

  • Menandai setiap progres

Jangan menyepelekan setiap progres yang Anda buat meskipun hanya sedikit. Melihat adanya kemajuan pada hal-hal yang dikerjakan bisa menambah motivasi diri. 

Catat dan tandai setiap proses yang Anda lakukan untuk mencapai resolusi tahun baru. 

  • Mengambil jeda

Ada kalanya Anda butuh beristirahat agar tidak jenuh saat mengerjakan sesuatu, termasuk saat mengejar cita-cita. 

Buat jadwal untuk beristirahat agar pikiran bisa lebih segar dan kembali prima. Namun jangan beristirahat terlalu lama karena akan membuat Anda malas untuk memulai mengerjakan pekerjaan. 

  • Mengubah pola pikir

Mengubah sebuah kebiasaan bukan hal yang mudah. Untuk mengawali perubahan, Anda perlu mengubah pola pikir. 

Pola pikir atau mindset sedikit banyak mempengaruhi cara bertindak seseorang. Mulailah dengan membuat pertimbangan sebab-akibat. 

Misalnya resolusi Anda tahun 2023 adalah mendapatkan tubuh ideal. Ketika Anda ingin makan makanan cepat saji dengan minuman bersoda, pertimbangkan akibat yang ditimbulkan. 

Menyantap makanan kesukaan memang menyenangkan, namun akibat yang ditimbulkan adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh meningkat dan berat badan naik. 

Dengan cara ini Anda bisa "mengingatkan" diri sendiri bahwa makan burger dengan minuman bersoda akan membuat resolusi menjadi kacau. 

Baca Juga: Catat, Ini Dampak Buruk Stres pada Ibu Hamil dan Janin yang Wajib Diperhatikan

  • Ingat tujuan utama 

Tips selanjutnya agar resolusi 2023 Anda berhasil adalah dengan mengingat tujuan utama dari resolusi tersebut. Contohnya seperti Anda ingin masuk perguruan tinggi favorit melalui jalur ujian tulis tahun depan. 

Maka hal-hal yang perlu dilakukan adalah belajar dengan tekun, berlatih mengerjakan soal, hingga berdoa. Saat Anda mulai bosan dan lelah belajar, ingat kembali tujuan utama Anda belajar dengan keras selama ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru