Ini 5 cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda coba

Kamis, 08 Juli 2021 | 12:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda coba


KESEHATAN - JAKARTA. Hampir semua orang pernah mengalami perut kembung. Meski tidak berbahaya, tapi kondisi itu bisa membuat Anda tidak nyaman. Beberapa cara mengatasi perut kembung pun perlu Anda lakukan agar kondisi itu tak lagi Anda alami.

Biasanya, wanita lebih sering mengalami perut kembung. Apalagi saat siklus menstruasi terjadi. Jika Anda mengalami hal itu, cobalah untuk berjalan lebih banyak. Melakukan olahraga juga bisa Anda lakukan agar cairan dalam tubuh berkurang.

Myhealthkc.com menyebutkan bahwa mengangkat kaki saat Anda berbaring bisa jadi cara lain untuk mengurangi perut kembung. Tidak berhenti sampai di situ, mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada perut kembung.

Cuka Apel

Selain menstruasi, perut kembung bisa jadi tanda adanya gangguan pada sistem pencernaan. Supaya masalah itu dapat teratasi dengan baik, cobalah untuk minum 1-2 sdm cuka apel. Karena mengandung zat asam yang cukup tinggi, Anda bisa mencampurnya dalam segelas air.

Baca Juga: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari konsumsi buah-buahan berikut ini

Magnesium

Memperbanyak asupan magnesium bisa jadi salah satu cara mengatasi perut kembung, lo. Jenis mineral itu mampu menetralkan asam lambung dan membuat dinding lambung lebih rileks. Perut kembung akibat sembelit juga bisa teratasi dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium.

Serat

Tak hanya mengonsumsi magnesium, perut kembung bisa Anda atasi dengan makan banyak serat. Namun, Anda perlu memerhatikan jumlah serat yang Anda konsumsi, ya. Terlalu sedikit mengonsumsi serat bisa menimbulkan sembelit sehingga perut terasa kembung.

Sedangkan terlalu banyak mengonsumsi serat juga tidak baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam tempo yang relatif cepat. Ada banyak makanan yang mengandung serat, seperti brokoli, alpukat, oatmeal, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tanpa obat, ini tips mengatasi nyeri haid yang selalu mengganggu

Teh Peppermint

Apakah Anda penggemar teh? Jika iya, ternyata minum teh bisa jadi salah satu cara mengatasi perut kembung, lo. Apalagi jika Anda mengonsumsi teh peppermint. Mengutip Myhealthkc.com, teh peppermint berguna untuk mengatasi perut kembung dan meredakan peradangan pada saluran pencernaan.

Kalium

Salah satu cara mengatasi perut kembung bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi pisang.

Salah satu penyebab perut kembung yang tak disadari oleh banyak orang adalah penumpukan natrium dalam tubuh. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium. Misalnya, pisang, bayam, alpukat, dan lain-lain.

Selanjutnya: Macam-macam penyebab nyeri perut sebelah kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru