Ini 6 Cara Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk ke HP yang Umum Terjadi

Selasa, 14 November 2023 | 14:52 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk ke HP yang Umum Terjadi


Cara Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk ke HP - JAKARTA. Intip daftar cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS OTP. Pengguna perlu mengetahui penyebab kenapa fitur SMS tidak bekerja dengan baik.

SMS singkatan dari "Short Message Service," dan ini adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan teks antara perangkat seluler.

Fitur SMS memiliki batasan panjang pesan, biasanya sekitar 160 karakter. Pesan yang lebih panjang mungkin dibagi menjadi beberapa pesan yang terpisah.

Pesan SMS biasanya terdiri dari teks biasa, dan dapat mencakup huruf, angka, tanda baca, dan beberapa karakter khusus. Namun, karena batasan panjangnya, pesan SMS sering kali sederhana dan singkat.

Baca Juga: Ini Cara Bayar Pajak Motor dan Perhitungan Denda Telat Tebus STNK

SMS oleh Pengguna

Sama seperti paket data internet,  beberapa operator telekomunikasi mungkin mengenakan biaya untuk pengiriman atau penerimaan SMS, tergantung pada rencana tarif dan paket langganan pengguna.

Kini dengan kecanggihan teknologi, beberapa aplikasi menggunakan keamanan secara real time lewat fitur pengiriman kode melalui SMS.

Sayangnya, fitur ini tidak selamanya lancar digunakan oleh pengguna. Sehingga, ketidakmampuan HP untuk menerima SMS, terutama SMS berisi OTP (One-Time Password), bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

Selain itu, Anda perlu memenuhi syarat seperti biaya yang sesuai dalam pengiriman kode seperti OTP dalam bentuk SMS.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gagal Login BRImo yang Wajib Dipahami Nasabah

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah dilansir dari laman Alphr.

1. Cek Ruang Penyimpanan

Pastikan HP Anda memiliki cukup ruang penyimpanan tersedia. Jika penyimpanan penuh, itu dapat menghambat penerimaan SMS OTP.

2. Pastikan nomor tidak diblokir

Bila seseorang mengirimimu SMS tetapi tak kunjung masuk ke HP, sehingga cek nomor tersebut masuk ke daftar nomor pemblokiran atau tidak.

Saat pengguna memblokir nomor tujuan seperti operator, pengguna tak bisa terhubung menggunakan medium telepon maupun SMS. Karenanya, cek apakah nomor pengirim SMS tidak masuk ke daftar nomor yang diblokir.

3. Matikan mode pesawat

SMS memerlukan ketersediaan sinyal untuk mengirim maupun menerima pesan. Bila ketersediaan jaringan terbatas, SMS tak bisa dikirimkan atau diterima dengan baik.

Salah satu penyebab SMS tidak bisa masuk adalah diaktifkannya mode pesawat. Untuk menonaktifkan mode pesawat, pengguna bisa mengikuti langkah berikut: Anda bisa mengetuk ikon pesawat untuk mematikan mode tersebut.

Bagi pemilik iPhone, Anda bisa membuka Assistive Touch dan pilih ikon pesawat untuk menonaktifkan mode pesawat.

4. Pindahkan kartu SIM ke HP lain

Nah, memindahkan SIM Card ke HP lain dilakukan sebagai alternatif saat SMS OTP tidak masuk. Cara ini bisa menjadikan penentu apakah terjadi kerusakan pada kartu SIM.

Jika SMS tak kunjung masuk meski kartu SIM sudah dipindahkan. Pengguna perlu menghubungi pusat layanan provider yang sedang digunakan untuk memperoleh solusi terbaik.

5. Update sistem operasi

Memasang pembaruan sistem operasi juga bisa memperbaiki bug pada Saat perbaikan bug dan solusi bisa ditangani, masalah pada sistem operasi dan aplikasi SMS dapat terselesaikan.

Untuk itu lakukan pembaruan sistem ke versi terbaru dan tunggu hingga pembaruan selesai sebelum menjalankan fitur SMS kembali.

6. Cek Jumlah Pulsa

Beberapa aplikasi yang memerlukan fitur SMS OTP dapat dikenai biaya setiap pengguna menerima notifikasi tersebut. Pastikan Kembali Anda memiliki jumlah pulsa yang cukup dan aktif bebas dari masa tenggang.

Itulah sederet cara mengatasi SMS OTP tidak masuk yang perlu Anda kenali dan perbaiki segera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru