Ini 7 Makanan untuk Sarapan Pagi yang Sehat dan Aman untuk Lambung

Minggu, 21 Januari 2024 | 05:50 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Makanan untuk Sarapan Pagi yang Sehat dan Aman untuk Lambung

ILUSTRASI. Telur rebus


KESEHATAN - JAKARTA. Simak beberapa rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat untuk tubuh. Kebutuhan makan pada pagi hari tentu dapat membantu aktivitas dalam satu hari.

Sarapan pagi merupakan makanan yang dikonsumsi setelah bangun tidur sebagai sumber energi untuk memulai hari.

Aktivitas sarapan pagi penting karena memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berpuasa selama waktu tidur.

Tubuh membutuhkan sarapan pagi yang sehat karena sarapan memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan setelah periode puasa saat tidur malam.

Baca Juga: Pahami Perhitungan Jumlah Kalori Nasi Putih dalam Takaran Piring sampai Sendok

Alasan pentingnya sarapan pagi

Oatmeal

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sarapan pagi penting:

  • Pemulihan Energi: Selama tidur, tubuh tidak menerima asupan makanan selama beberapa jam. Sarapan memberikan sumber energi yang diperlukan untuk memulai aktivitas sehari-hari, mengisi cadangan glukosa dalam tubuh, dan memulihkan tingkat gula darah yang seimbang.
  • Peningkatan Konsentrasi dan Kinerja Mental: Sarapan pagi yang sehat memberikan nutrisi penting yang mendukung kinerja otak. Karbohidrat kompleks dalam makanan sarapan memasok glukosa yang menjadi bahan bakar utama bagi otak. Nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, dan omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan konsentrasi.
  • Kontrol Berat Badan: Meskipun terkadang terdapat pandangan bahwa melewatkan sarapan bisa membantu menurunkan berat badan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang sehat sebenarnya dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Dengan sarapan, Anda cenderung merasa lebih kenyang dan menghindari makan berlebihan saat makan siang atau makan malam.
  • Metabolisme yang Sehat: Sarapan pagi dapat membantu memulai dan mempercepat metabolisme tubuh. Dengan sarapan yang sehat, tubuh mendapatkan energi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi metabolik yang penting, termasuk pembakaran kalori dan pemrosesan nutrisi.
  • Asupan Nutrisi yang Seimbang: Sarapan yang sehat dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan berbagai nutrisi penting seperti serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Memilih makanan yang kaya serat dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat, sementara protein membantu dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Makanan untuk sarapan pagi yang sehat

Pilih makanan yang rendah gula tambahan, rendah lemak jenuh, dan kaya nutrisi untuk memulai hari dalam menu sarapan pagi.

Berikut adalah beberapa contoh menu makanan sarapan pagi yang sehat untuk tubuh dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dan Bikin Jantung Makin Sehat

1. Roti gandum

Roti gandum utuh merupakan alternatif baik sebagai sumber serat dan karbohidrat. Anda dapat membuat roti gandum panggang dan menyantapnya dengan selai kacang alami tanpa tambahan gula atau mentega alami. Roti gandum memberikan energi tahan lama dan memberikan nutrisi penting seperti serat yang mendukung pencernaan.

2. Telur rebus

Telur rebus adalah pilihan yang lebih baik daripada telur yang dimasak dengan minyak. Telur adalah sumber protein yang baik, dan dapat disajikan dalam bentuk telur rebus, telur dadar tanpa minyak, atau omelet dengan tambahan sayuran. Yolk telur mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari gangguan seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan opsi sarapan sehat yang tinggi serat dan rendah gula tambahan. Nikmati oatmeal dengan susu rendah lemak atau yogurt tanpa tambahan gula, dan tambahkan potongan buah segar.

Anda juga bisa konsumsi overnight oatmeal juga bisa disiapkan sebelum tidur untuk pengalaman rasa yang lebih baik, sambil memberikan dukungan protein yang penting bagi tubuh.

4. Smoothies

Smoothie bisa dihasilkan dengan mencampur buah-buahan segar, sayuran hijau seperti bayam atau kale, susu rendah lemak atau yogurt, dan sedikit biji chia atau flaxseed untuk meningkatkan serat dan omega-3. Smoothie ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan nutrisi beragam yang diperlukan oleh tubuh.

5. Havermut

Havermut merupakan sumber serat larut yang baik. Havermut dapat dimasak dengan susu rendah lemak atau air, diberi potongan buah-buahan segar, dan ditaburi kacang atau biji-bijian. Havermut membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

6. Yogurt

Yogurt rendah lemak atau yogurt Yunani kaya protein dapat menjadi pilihan sarapan sehat. Anda bisa menambahkan potongan buah segar, madu alami, atau granola rendah gula untuk rasa dan tekstur tambahan. Yogurt memberikan probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

7. Buah segar

Buah-buahan segar seperti apel, pisang, stroberi, atau pir juga merupakan sarapan yang mudah dan sehat. Buah-buahan dapat dikonsumsi langsung atau dicampurkan dengan yogurt atau oatmeal.

Buah-buahan memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, jadi pastikan untuk mencari saran dari ahli gizi atau dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau memiliki kebutuhan khusus.

Lewat informasi dari rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat untuk tubuh dapat menjadi referensi baru di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru