Ini 7 Olahraga yang Baik untuk Kontrol Gula Darah dan Cegah Diabetes

Sabtu, 02 Maret 2024 | 15:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Olahraga yang Baik untuk Kontrol Gula Darah dan Cegah Diabetes

ILUSTRASI. Rekomendasi olahraga yang baik dalam mengontrol gula darah


KESEHATAN - JAKARTA. Intip sederet olahraga yang baik untuk mengontrol gula darah. Sederet aktivitas yang menyehatkan ini diklaim dapat berperan dalam pencegahan diabetes.

Olahraga memainkan peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi seseorang yang memiliki risiko gula darah tinggi atau diabetes.

Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya membantu mengendalikan berat badan, tetapi juga dapat efektif dalam mencegah peningkatan gula darah.

Pilihan olahraga yang tepat dapat membawa manfaat kesehatan yang signifikan, seperti meningkatkan sensitivitas insulin dan mengoptimalkan penggunaan glukosa oleh tubuh.

Baca Juga: Ini 10 Tips untuk Mendapatkan Perut Rata Agar Berhasil

Peran olahraga untuk mengontrol gula darah

Gula Darah Tinggi

Olahraga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gula darah dalam tubuh. Berikut adalah beberapa cara olahraga berpengaruh terhadap gula darah:

  • Penyerapan Glukosa: Ketika Anda berolahraga, otot Anda membutuhkan energi tambahan. Selama aktivitas fisik, tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah karena glukosa digunakan oleh otot.
  • Peningkatan Sensitivitas Insulin: Aktivitas fisik secara bertahap meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Ini berarti tubuh lebih efisien dalam menggunakan insulin untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel, sehingga menurunkan kadar gula darah.
  • Pemeliharaan Berat Badan: Olahraga secara teratur membantu mengatur berat badan. Berat badan yang sehat dan stabil dapat membantu mengelola kadar gula darah. Kehilangan berat badan, terutama jika berlebih, dapat meningkatkan respons insulin.
  • Penyimpanan Glukosa sebagai Glikogen: Olahraga membantu tubuh menyimpan glukosa sebagai glikogen dalam otot dan hati. Ketika dibutuhkan, glikogen dapat dipecah menjadi glukosa untuk energi, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Pengaruh Jangka Panjang: Melibatkan diri dalam kegiatan fisik secara teratur dapat memberikan efek jangka panjang pada kontrol gula darah. Ini bukan hanya manfaat sementara, tetapi membantu menjaga keseimbangan gula darah seiring waktu.
  • Pemulihan Setelah Makan: Olahraga setelah makan dapat membantu mengontrol lonjakan glukosa darah yang terjadi setelah mengonsumsi makanan, terutama makanan yang kaya karbohidrat.

Sehingga, menjadikan kegiatan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari bukan hanya upaya untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga langkah proaktif dalam menjaga kadar gula darah agar tetap dalam batas normal.

Berikut ini beberapa olahraga yang baik untuk mengontrol gula darah dalam pencegah diabetes. Simak rekomendasi selengkapnya dirangkum dari laman GoodRx.

Baca Juga: Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Kenali 7 Buah Ini

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah aktivitas dengan dampak rendah yang banyak disukai banyak orang. Mengumpulkan langkah dapat meningkatkan tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol Anda. Dan 30 menit berjalan cepat atau sekitar 100 langkah per menit adalah cara yang bagus untuk memenuhi rekomendasi latihan aerobik harian dari ADA.

Anda juga dapat meningkatkan intensitas berjalan dengan menambahkan aktivitas seperti menaiki tangga. Tetapi jika Anda tidak aktif sebelum didiagnosis diabetes, pertimbangkan untuk memulai secara perlahan dan secara bertahap meningkatkan kecepatan.

2. Lari

Dengan persiapan yang tepat, Anda dapat beralih dari berjalan cepat menjadi berlari. Aktivitas dengan tempo lebih cepat ini telah dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi yang lebih rendah.

3. Bersepeda

Ada alasan mengapa sepeda statis menjadi begitu populer. Bersepeda teratur dapat meningkatkan segalanya mulai dari kesehatan jantung dan paru-paru hingga keseimbangan dan postur tubuh.

Tetapi Anda tidak perlu sepeda fitness mahal untuk memulai. Anda bisa menggunakan sepeda lama dan bersepeda di luar atau mencoba sepeda statis di gym setempat. Dan penelitian menunjukkan bahwa bersepeda dapat meningkatkan hasil kesehatan bagi orang yang memiliki diabetes.

4. Menari

Dengan menambahkan tarian ke rutinitas Anda dapat membuat latihan lebih menyenangkan. Menari adalah aktivitas yang baik untuk jantung dan juga dapat meningkatkan kebugaran dan kadar gula darah Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang berpartisipasi dalam program tari lebih termotivasi untuk mematuhi rutinitas dibandingkan dengan yang melakukan program kebugaran yang berbeda.

5. Aerobik di Air

Ada banyak alasan untuk membawa latihan Anda ke kolam renang. Latihan di air seperti berenang tidak memberikan tekanan berlebih pada sendi dan dapat mengurangi kadar gula darah.

Ini juga dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, kekuatan, dan kesehatan jantung pada orang dengan diabetes tipe 2.

6. Latihan Angkat Beban

Jenis latihan kekuatan ini menggunakan beban atau peralatan lainnya untuk membangun atau menjaga massa otot dan kekuatan. Dan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan toleransi glukosa pada orang dengan diabetes tipe 2.

7. Pilates

Sebagai bentuk latihan dengan dampak rendah, Pilates masuk dalam daftar ini dengan alasan yang tepat. Ini menggunakan gerakan berulang dan kontrol pernapasan untuk memperkuat inti tubuh dan meningkatkan keseimbangan dan postur.

Sebuah studi menunjukkan bahwa latihan Pilates membantu peserta dengan diabetes tipe 2 mengendalikan glukosa darah.

Itulah daftar olahraga yang bisa dicoba oleh semua umur sesuai kemampuan. Pastikan Anda lakukan secara bertahap agar tubuh tidak mendapatkan efek yang negatif.

Selanjutnya: BCA Digital Tingkatkan Porsi Penyaluran Kredit Melalui Channeling

Menarik Dibaca: 5 Tanda Pasangan Anda Tukang Selingkuh, Bukan Cuma Doyan Bohong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru