CLOSE [X]

Ini 8 Biji Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 31 Januari 2024 | 18:24 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 8 Biji Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Biji Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh


KESEHATAN - JAKARTA. Simak beberapa biji buah yang bermanfaat untuk tubuh. Biji buah merupakan bagian reproduktif dari tanaman berbunga yang berada di dalam buah. Fungsi utama biji adalah untuk menghasilkan keturunan baru.

Proses pembuahan terjadi ketika serbuk sari dari bunga jantan mencapai putik bunga betina dan fertilisasi terjadi, menghasilkan biji. Nah, biji buah terbentuk dari ovul (sel telur) yang telah dibuahi dan terletak di dalam ovarium bunga yang berkembang menjadi buah.

Biji mengandung embrio yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru jika diberikan kondisi yang sesuai, seperti tanah, air, dan cahaya matahari.

Selain berperan dalam reproduksi tanaman, biji juga merupakan bagian buah yang sering kali dapat dimakan. Beberapa buah memiliki biji yang dapat dikonsumsi, seperti biji delima, biji semangka, atau biji alpukat. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal dan Macam Indikator dalam Pengukuran

Manfaat biji buah untuk kesehatan

Jus delima dari Biji buah

Buah-buahan merupakan salah satu bahan terbaik untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang lezat dan manis, buah ini juga kaya akan berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Karena buah berfungsi sebagai lapisan pelindung bijinya, mengonsumsi bijinya juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Simak beberapa rekomendasi biji buah untuk kesehatan dilansir dari laman Live Love Fruit.

Baca Juga: Ini 9 Makanan untuk Meningkatkan Dopamin beserta Manfaatnya

1. Biji Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit

Licin, manis, dan menyegarkan, semangka adalah buah yang membawa kenangan musim panas dan kebahagiaan. Meskipun kita sering membuang biji berwarna gelap sebelum memakan buah ini, sebenarnya kita melewatkan kandungan biji semangka yang kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Biji ini dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

2. Biji Buah Pepaya untuk Sistem Pencernaan

Pepaya, selain rasanya yang lezat, mengandung biji yang kaya akan enzim papain, membantu meningkatkan pencernaan. Memakan biji pepaya baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan secara menyeluruh, dapat diunyah bersama buahnya atau digunakan sebagai bumbu salad.

3. Biji Buah Alpukat untuk Kesehatan Jantung

Alpukat diakui sebagai buah yang sangat sehat. Penelitian menunjukkan bahwa biji alpukat, meskipun sering diabaikan, sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Biji alpukat dapat dikeringkan dan digunakan sebagai tambahan untuk smoothie atau teh.

4. Biji Buah Apel untuk cegah kanker

Semua orang takut dengan biji apel karena pernah mendengar kandungan sianida di dalam bijinya. Sebenarnya, Anda harus makan begitu banyak biji apel untuk mendapatkan efek toksikologi dari biji tersebut.

Sehingga, tak perlu takut untuk memakan biji apel dari apel yang Anda makan. Sejumlah kecil sianida normal bagi sel normal, dan dalam beberapa penelitian ilmiah bahkan ditemukan dapat membunuh sel kanker.

Vitamin B17, atau dikenal sebagai laetrile, juga ditemukan dalam jumlah tinggi pada biji apel, dan ditemukan membunuh sel kanker pada model hewan. Meskipun vitamin ini telah menjadi kontroversi di kalangan komunitas kesehatan dan medis, jelas bahwa vitamin ini mempunyai efek menguntungkan.

Tips Cegah Oksidasi pada Buah Apel

5. Biji Buah Jeruk untuk Penambah Energi

Meskipun biji jeruk tidak selalu dimakan, mereka dapat meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Biji jeruk dapat dikonsumsi bersama buahnya atau ditambahkan pada makanan dan minuman untuk menambah energi.

6. Biji buah Pir Afrika untuk Kesehatan Gigi

Biji pir Afrika mudah ditemukan di supermarket Indonesia. Salah satu jenis pir ini kaya akan kalsium, yang membantu dalam pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan gigi. Meskipun mungkin tidak begitu populer, biji ini dapat dikonsumsi atau minyaknya dapat digunakan sebagai suplemen.

7. Biji buah Markisa untuk Kesehatan Mental

Biji markisa mengandung magnesium yang tinggi, dapat membantu mengelola tingkat kecemasan. Menikmati biji markisa dapat dilakukan dengan memakannya langsung atau membuat jus dari buah yang berbiji.

8. Biji buah Delima untuk Menurunkan Berat Badan

Buah delima mungkin sulit dibuka, tetapi bijinya memiliki manfaat kesehatan yang baik dan dapat membantu dalam penurunan berat badan. Menaburkan biji delima pada makanan penurun berat badan atau membuat jus sehat dari bijinya dapat memberikan manfaat ini.

Konsumsi biji buah tentu perlu dilakukan dengan jumlah yang bijak. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan petunjuk yang terbaik.

Itulah penjelasan dari beberapa biji buah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh sehingga aman dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru