Ini 8 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selasa, 23 April 2024 | 10:22 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 8 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

ILUSTRASI. Masalah pencernaan


KESEHATAN - JAKARTA. Simak kebiasaan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kondisi pencernaan yang baik menjadi aspek penting dalam menjaga kesejahteraan secara menyeluruh.

Salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan mengadopsi kebiasaan baik dalam pola makan dan gaya hidup sehari-hari.

Kebiasaan baik untuk kesehatan pencernaan meliputi konsumsi makanan tinggi serat, seperti biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan.

Makanan ini membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, divertikulitis, dan sindrom usus iritabel (SUI). 

Baca Juga: Awas! Ini 7 Makanan yang Bikin Kentut Tak Mau Berhenti

Kesehatan pencernaan

Selain itu, mengonsumsi makanan rendah lemak dan daging tanpa lemak membantu mengurangi beban kerja sistem pencernaan.

Sementara memilih makanan yang kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Untuk itu, Anda dapat mengikuti panduan kebiasaan yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Berikut ini kebiasaan yang baik untuk kesehatan pencernaan yang dapat Anda coba, dilansir dari laman Regency Healthcare.

Baca Juga: 7 Minuman untuk Melancarkan Pencernaan dan Mengobati Asam Lambung dengan Cepat

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Konsumsi diet yang tinggi serat dan kaya akan biji-bijian utuh, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Diet tinggi serat juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti divertikulosis, wasir, dan sindrom usus. Selain itu, hal ini dapat membantu Anda mencapai atau menjaga berat badan yang sehat.

Pilih kedua jenis serat, baik yang tidak larut maupun yang larut yang membantu sistem pencernaan Anda dengan cara yang berbeda.

Serat tidak larut, juga dikenal sebagai serat kasar, tidak dapat dicerna oleh tubuh dan oleh karena itu membantu menambah volume tinja, sedangkan serat larut menyerap air dan dapat membantu mencegah tinja yang terlalu cair.

Sumber serat tidak larut yang baik termasuk dedak gandum, sayuran, dan biji-bijian utuh membantu Anda dengan pencernaan yang sehat. Anda dapat mendapatkan serat larut dari dedak oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Batasi makanan tinggi lemak

Umumnya, makanan berlemak cenderung melambatkan proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan terhadap sembelit. Anda dapat memilih daging tanpa lemak.

Protein adalah bagian penting dari diet yang sehat, tetapi potongan daging berlemak dapat menyebabkan pencernaan yang tidak nyaman. Saat Anda makan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti unggas tanpa kulit.

3. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri sehat yang secara alami ada dalam saluran pencernaan Anda. Mereka membantu menjaga tubuh tetap sehat dengan melawan efek diet yang buruk, antibiotik, dan stres.

Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu mencerna laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, dan mungkin bahkan membantu mengobati IBS.

4. Jaga jadwal makan

Konsumsi makanan dan camilan Anda secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda dalam keadaan yang prima.

Usahakan untuk duduk untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan pada waktu yang sama setiap hari untuk sistem pencernaan yang sehat.

Makan di malam hari

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat menarik air ke dalam usus besar untuk menciptakan tinja yang lebih lembut dan berbobot, memungkinkan mereka untuk melewati dengan lebih mudah.

6. Berhentilah merokok, kafein, dan alkohol

Minuman beralkohol, kopi, dan rokok dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan Anda, dan menyebabkan masalah seperti tukak lambung dan sakit maag.

7. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan Anda, mengurangi sembelit. Olahraga juga dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

8. Kelola stres

Kondisi stres atau kecemasan dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi terlalu aktif. Temukan kegiatan yang mengurangi stres yang Anda nikmati dan praktikkan secara teratur.

Itulah panduan mudah terkait kebiasaan yang baik untuk kesehatan pencernaan sehingga dapat dilakukan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru