Ini Langkah Mengatasi Kucing yang Keracunan, Pemilik Anabul Wajib Tahu

Jumat, 04 Agustus 2023 | 14:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Langkah Mengatasi Kucing yang Keracunan, Pemilik Anabul Wajib Tahu

ILUSTRASI. Ini Langkah Mengatasi Kucing yang Keracunan, Pemilik Anabul Wajib Tahu.


Cara Mengatasi Kucing Keracunan -  Bagi pecinta hewan khususnya kucing, melihat kucing sakit terutama keracunan tentu Anda akan sangat panik. 

Jika tidak segera ditolong, keracunan pada kucing bisa membuat anabul (anak bulu) mati. 

Bersumber dari situs Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, beberapa tanda-tanda kucing yang keracunan yakni: 

  • Keluar busa di sekitar mulut
  • Muntah dan diare berulang
  • Air liur berlebih
  • Sulit bernapas 

Pertolongan pertama bisa menjaga agar kondisi kucing stabil sebelum mendapatkan penanganan dari dokter hewan. 

Gloria Mona Trinita, siswa Jurusan Keperawatan Hewan, SMKN SPP Pelaihari memberikan tiga tip yang perlu dilakukan jika hewan peliharaan mengalami keracunan.

Apa saja tips menghadapi kucing yang sedang kearcunan? Berikut ini rangkumannya dari situs Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: 5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Tetap tenang

Hal yang paling utama yang perlu Anda lakukan ialah jangan panik dan tetap tenang. Ini menjadi penting karena dalam situasi genting jika rasa panik yang dikedepankan maka kemungkinan kita bisa berpikir secara jernih itu sangat kecil. 

Kecenderungan rasa panik bisa membuat seseorang mengambil keputusan yang justru membahayakan untuk hewan peliharaan.

Memberikan susu streril

Apabila dalam keadaan darurat, Anda bisa memberikan susu steril atau susu murni. Susu sapi yang steril ini mampu menetralisir racun.

Kandungan laktosa yang rendah pada susu sapi steril ini boleh dikonsumsi oleh kucing. Pada umumnya kucing ini akan menolak minum susu karena mereka tidak terlalu menyukainya. 

“Pada saat kondisi keracunan, kalian perlu sabar menyuapinya. Berikan susu steril secukupnya hingga kucing ini muntah, karena saat itu juga racun dikeluarkan bersama muntahan itu,” ucap Gloria, dikutip dari situs Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek

Baca Juga: 7 Makanan Sumber Vitamin untuk Kesehatan Rambut yang Mudah Dijumpai

Bawa ke dokter hewan

Langkah yang paling baik menangani keracunan pada kucing adalah segera bawa ke klinik hewan untuk mendapatkan penanganan dari dokter hewan. 

Semakin cepat ditangani oleh seorang yang profesional di bidangnya maka semakin baik pula hasilnya.

“Kalau tempat kita dekat dengan klinik dokter hewan sebaiknya langsung dibawa ke sana saja. Jangan menunggu terlalu jika terlalu lama tidak mendapatkan penanganan medis maka nyawa hewan peliharaan kita bisa tidak terselamatkan,” ucap Gloria.

Demikian beberapa langkah mengatasi keracunan pada kucing. Selalu bersihkan lingkungan agar anabul tetap sehat dan jangan lupa beri vaksin agar kesehatan kucing tetap terjaga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru