Ini tips memilih hewan kurban yang baik, persiapan menyambut Idul Adha 2021

Jumat, 18 Juni 2021 | 16:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini tips memilih hewan kurban yang baik, persiapan menyambut Idul Adha 2021

ILUSTRASI. Ini tips memilih hewan kurban yang baik, persiapan menyambut Idul Adha 2021. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.


TIPS & TRIK -  Perayaan Idul Adha selalu dibarengi dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Hewan yang biasa dikurbankan adalah sapi, kamping, atau domba. 

Saat mendekati Idul Adha, Anda bisa menemukan banyak pedagang hewan musiman yang menjajakan hewan kurban seperti kambing atau domba.

Harga hewan tersebut berbeda-beda tergantung dengan berat badan dan jenisnya. Saat membeli hewan kurban, Anda bisa datang langsung dan memilih sendiri atau melalui jasa pedagang hewan kurban. 

Agar hewan kurban yang dipilih benar-benar baik dan sehat, ada tips dari dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Supra Tikno, yang bisa Anda terapkan. 

Menurut Supra Tikon, hewan yang akan dikurbankan memiliki syarat yang berbeda dengan yang dikonsumsi sehari-hari. Hewan tersebut perlu memiliki kriteria tertentu agar sesuai dengan persyaratan yang disyariatkan. 

“Biasanya, hewan tersebut punya surat keterangan kesehatan hewan (SKKH),” jelas Supra Tikno seperti dikutip dari laman IPB

Baca Juga: Bisa pakai bumbu dapur, simak cara mengusir tikus dari rumah ini

Syarat hewan yang akan dikurbankan

Jika Anda akan berkurban saat Idul Adha tahun 2021 ini, Anda perlu tahu ciri-ciri hewan yang sehat dan sah untuk dijadikan hewan kurban. 

Syarat-syarat yang perlu terpenuhi dalam hewan kurban adalah sehat, tidak kurus, tidak cacat, dan cukup umur. Kambing atau sapi kurban yang sehat menunjukkan ciri-ciri tertentu diantaranya: 

  • Aktif bergerak
  • Nafsu makan 
  • Rambut atau bulu tidak kusam
  • Cermin hidung basah
  • Mata bersinar
  • Mulut, hidung, dan anus bersih. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru