Ini Tips Work Life Balance yang Tepat, Pekerja Penting untuk Tahu

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Tips Work Life Balance yang Tepat, Pekerja Penting untuk Tahu

ILUSTRASI. Ini Tips Work Life Balance yang Tepat, Pekerja Penting untuk Tahu.?(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


TIPS & TRIK -  Anda pasti sudah sering mendengar istilah work-life balance yang banyak diterapkan pekerja, terutama bagi para pekerja yang memiliki tanggung jawab pekerjaan yang beragam namun ingin kehidupan pribadinya tetap berjalan dengan baik.

Melansir dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek, work-life balance adalah keadaan dimana seseorang bisa mengatur dan membagi tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan tanggung jawab lainnya. 

Kondisi tersebut membantu agar tidak muncul konflik antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. 

Tidak semua orang bisa membangun kondisi work-life balance yang baik. Masih ada pekerja atau pelajar yang terlalu fokus pada satu kepentingan. 

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru di BPJS Ketenagakerjaan 2022, Banyak Posisi Ditawarkan

Contohnya seperti mahasiswa atau pekerja terlalu fokus pada pendidikan hingga menimbulkan konflik dengan kehidupan pribadi atau pekerjaan. 

Menerapkan work-life balance yang tepat bisa membawa banyak manfaat bagi diri sendiri. Manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

  • Terhindar dari berbagai penyakit
  • Fokus dalam bekerja
  • Mengurangi stres dan jenuh
  • Meningkatkan performa kerja

Tips menerapkan work-life balance

Agar kehidupan pribadi dan pekerjaan atau pendidikan Anda tetap bisa berjalan berimbang dan baik, berikut ini tips menerapkan work-life balance yang tepat. 

1. Bekerja dengan bijak, bukan keras

Saat bekerja, Anda sebaiknya membuat prioritas dan membaginya dengan rekan kerja atau anggota tim. Dengan cara demikian, Anda bisa menghemat waktu dan fokus pada tugas yang ada. 

2. Menetapkan jam kerja

Perusahaan memang sudah menetapkan jam kerja sesuai dengan ketentuan, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap menentukan jam kerja untuk diri sendiri. 

Tetapkan jam kerja sesuai dengan pola kerja Anda dan usahakan untuk konsisten dengan jam kerja tersebut. 

Baca Juga: Sejarah Perumusan Pancasila, Usulan Dasar Negara, dan Tokoh-Tokoh yang Terlibat

3. Jangan membawa pekerjaan ke rumah

Salah satu faktor yang menyebabkan adanya konflik antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi adalah tidak adanya batasan jam kerja. 

Batasi jam kerja Anda dan jangan membawa pekerjaan ke rumah. Dengan demikian, masalah pekerjaan atau kantor tidak mencampuri kehidupan pribadi. 

4. Rajin berolahraga

Selain menjaga jam kerja agar tidak melampaui batas, Anda juga harus menjaga tubuh tetap bugar dengan berolahraga. 

Banyak orang mengira olahraga tidak berpengaruh pada pekerjaan dan kehidupan pribadi, padahal rajin berolahraga merupakan salah satu tips agar work-life balance bisa berjalan dengan baik. 

Olahraga teratur bisa mendorong semangat dan produktivitas. Dengan demikian Anda bisa lebih tenang dan fokus saat mengerjakan sesuatu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru