CLOSE [X]

Inilah 5 Elemen Feng Shui yang Wajib Ada di Rumah, Berikut Maknanya Masing-Masing

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:39 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah 5 Elemen Feng Shui yang Wajib Ada di Rumah, Berikut Maknanya Masing-Masing

ILUSTRASI. Inilah 5 Elemen Feng Shui yang Wajib Ada di Rumah, Berikut Maknanya Masing-Masing.


KONTAN.CO.ID - Inilah 5 elemen yang wajib ada di rumah, berikut maknanya masing-masing. 5 Elemen Feng Shui ini dapat mengalirkan chi yang baik dalam sebuah rumah, sehingga menciptakan harmoni dan keseimbangan.

Berbicara tentang Feng Shui, ini erat kaitannya dengan mengatur tata letak rumah hingga kehidupan seseorang untuk mencapai keseimbangan.

Mengutip dari Camella, prinsip Feng Shui telah diterapkan untuk tujuan tertentu, bahkan hingga hari ini. 

Bahkan, konsep Feng Shui di masa modern dimodifikasi menjadi lebih lugas namun tetap mempertahankan tujuan utamanya. Yakni, menciptakan harmoni dan keseimbangan serta menarik energi positif serta keberuntungan.

Dalam Feng Shui, ada beberapa prinsip utama: lima elemen, peta energi atau peta bagua, penggunaan warna, dan posisi perintah.

Kali ini, kita akan membahas terlebih dahulu Feng Shui yang baik berdasarkan kelima elemen yang harus ada di dalam sebuah rumah. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Menurut Aturan Feng Shui, Ini 11 Hal Harus Anda Ketahui Tentang Tata Rumah yang Buruk

5 Elemen Feng Shui yang wajib ada di rumah dan maknanya masing-masing

Feng Shui Pintu dengan Bukaan Ke Luar

1. Kayu

Kayu merupakan elemen yang bermakna menopang kesehatan, vitalitas dan pertumpuhan serta merupakan elemen kelimpahan.

Elemen kayu dalam Feng Shui ini diekspresikan dalam wana hijau atau coklat. Bila Anda ingin mengekspresikan elemen kayu dalam rumah, dekorasi yang dapat diletakkan adalah tanaman, bantal berwarna hijau atau dekorasi lainnya dengan warna serupa.

2. Api

Api merupakan elemen Feng Shui yang bermakna cinta, romantis, dan passion. Elemen api juga merepresentasikan kegembiraan dan kreativitas.

Umumnya penggunaan warna merah, kuning cerah, oranye, merah muda, ungu dan magenta merupakan perwujudan dari elemen ini.

Untuk menambahkan elemen api di rumah Anda, mungkin dapat mencoba meletakkan kap lampu kuning atau dekorasi lainnya dengan warna serupa.

Patut diperhatikan, meskipun warna cerah mewakili elemen api, tetapi jika terlalu terang dapat mengganggu keseimbangan. Jadi, usahakan taruh atau letakkan dekorasi atau benda-benda lainnya di rumah yang tidak terlalu terang.

3. Tanah

Elemen tanah bermakna stabilitas dan dukungan. Elemen ini juga memberikan rasa damai.

Untuk mengekspresikan elemen tanah, warna krem, atau kelabu tua. Untuk menambahkan elemen tanah di dalam rumah, Anda dapat meletakkan dekorasi seperti tembikar, lukisan lanskap atau objek lainnya dengan warna serupa.

Baca Juga: 6 Tips Feng Shui Rumah yang Membawa Keberuntungan, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

4. Logam

Elemen logam bermakna disiplin, efisiensi dan prodiktivitas untuk membangun rasa yang tenang.

Warna yang mencerminkan elemen logam adalah putih dan abu-abu. Untuk menambahkan elemen logam di rumah Anda dapat meletakkan bingkai atau mangkuk logam, bantal atau permadani putih, atau dekorasi lainnya berwarna abu-abu.

5. Air

Air merupakan elemen terakhir di dalam Feng Shui. Elemen ini merupakan salah satu yang paling kuat memberikan rasa mengalir dan pembaharuan.

Elemen air juga melambangkan kelimpahan dan diwakili oleh warna biru dan hitam.

Untuk menambahkan elemen air di dalam rumah, Anda dapat menggunakan cermin, air mancur, lukisan atau gambar air dan benda serupa lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham tentang elemen dan maknanya masing-masing dalam Feng Shui?

Perlu diperhatikan juga tata letak dekorasi di ruangan rumah Anda. Karena, prinsip Feng Shui mengenal yang namanya peta bagua atau peta yang menunjukkan arah.

Dalam prinsip Feng Shui, delapan arah mewakili elemen dan maknanya masing-masing. Jadi perlu diperhatikan lokasi mana yang ingin Anda tingkatkan Feng Shui-nya dengan membaca peta bagua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru