Inilah 6 cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur

Senin, 13 September 2021 | 12:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 6 cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur

ILUSTRASI. Mengatur suasana kamar tidur termasuk salah satu cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur. Foto: Instagram @self_diy

KONTAN.CO.ID - Ada banyak orang yang kesulitan untuk tidur sehingga kualitas istirahatnya terganggu. Cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur pun perlu Anda coba.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah suasana kamar tidur Anda. NHS menyebutkan, kamar tidur sebaiknya diatur sedemikian rupa supaya nyaman digunakan untuk beristirahat di malam hari.

Atur pencahayaan, temperatur, dan suara dalam kamar tidur. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, cobalah untuk menempatkannya di luar kamar tidur supaya kualitas tidur Anda tidak terganggu.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak hal lain yang perlu Anda lakukan:

Batasi konsumsi kafein

Kafein menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan untuk melakukan banyak aktivitas. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein justru bisa membuat Anda sulit tidur.

Ada banyak sumber kafein yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari kopi, teh, hingga cokelat. Usahakan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan dan minuman itu terlalu banyak.

Apalagi, saat mendekati waktu istirahat di malam hari. Anda bisa mengonsumsi jenis minuman lain, seperti susu hangat atau teh herbal.

Baca Juga: Awas! Ini efek samping teh untuk kesehatan, salah satunya bikin sulit tidur

Berhenti merokok

Selain berdampak buruk untuk kesehatan jantung dan organ dalam tubuh lainnya, nikotin dari rokok juga bisa mengganggu jadwal tidur. Anda menjadi lebih sulit untuk terlelah.

Saat sudah tidur pun, Anda menjadi lebih sering terbangun sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Lakukan kegiatan relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi adalah cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda coba, mulai dari yoga hingga meditasi.

Mandi dengan air hangat atau mendengarkan musik yang rileks juga bisa Anda jadikan opsi.

Rajin olahraga

NHS merekomendasikan Anda untuk rajin olahraga. Bukan tanpa alasan, kebiasaan baik itu perlu Anda lakukan supaya tubuh Anda tak tegang.

Hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi mendekati waktu tidur, ya. Hal itu justru membuat Anda semakin kesulitan untuk terlelap.

Baca Juga: Optimalkan Tidur Siang Anda Sesuai Jenisnya

Hindari alkohol

Menghindari konsumsi alkohol termasuk salah satu cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur.

Mengonsumsi alkohol memang bisa membuat Anda lebih mudah terlelap. Sayangnya, frekuensi bangun saat tidur pun meningkat. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol, terlebih dalam jumlah yang berlebihan.

Atur jadwal tidur rutin

Selanjutnya, mengatur jadwal tidur rutin adalah cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur yang layak Anda coba.

Pada awalnya, hal itu memang terasa sulit. Namun, dengan membiasakannya, tubuh pun akan mengikuti jadwal yang telah Anda tetapkan.

Selanjutnya: 7 Cara tidur cepat dalam 30 detik yang bisa dilakukan tanpa was-was

Editor: Belladina Biananda
Terbaru