Inilah yang tidak boleh dilakukan sebelum suntik vaksin Covid-19

Kamis, 25 Maret 2021 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah yang tidak boleh dilakukan sebelum suntik vaksin Covid-19


VAKSIN CORONA - Jakarta. Pemerintah menargetkan akan memberikan vaksin Covid-19 kepada 181,5 juta penduduk Indonesia. Tidak perlu takut jika Anda sudah mendapat giliran suntik vaksin Covid-19. Kenali hal-hal yang dilarang dilakukan sebelum vaksin Covid-19.

Dr. Neha Vyas, MD, seorang dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic mengatakan bahwa kita tidak perlu khawatir tentang vaksin Covid-19 ini. Yang perlu kita lakukan adalah menghindari hal-hal yang dilarang sebelum vaksin Covid-19 karena bisa saja menganggu efektivitas vaksinasi tersebut.

Berikut beberapa hal yang dilarang sebelum vaksin Covid-19

  • Dermal filler

Sebelum suntik vaksin Covid-19 dilarang melakukan dermal filler. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menunda jadwal dermal filler atau perawatan kecantikan lain.

Hal ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada wajah, yang pernah terjadi pada beberapa orang selama uji coba fase tiga vaksin Moderna.

  • Mammogram (pemeriksaan payudara)

Penemuan terbaru lainnya adalah vaksin Pfizer dan Moderna COVID-19 dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, terutama di sisi tempat suntikan diberikan.

Pembengkakan ini telah disalahartikan sebagai benjolan payudara. Karenanya, jadwalkan ulang pemeriksaan mamografi hingga empat minggu setelah mendapatkan dosis kedua vaksin.

  • Konsumsi obat anti-inflamasi

Sebelum suntik vaksin Covid-19, kamu dilarang konsumsi obat anti-inflamasi atau obat pereda nyeri sejenisnya. Hal ini dikhawatirkan dapat mengurangi respon imun terhadap vaksin.

"Ini juga berlaku untuk banyak vaksin lainnya. Kamu dapat mengonsumsi pereda nyeri setelah divaksinasi dan terhidrasi semaumu. Tapi jangan meminum obat anti-inflamasi sebelum divaksinasi," jelas Vyas.

Baca juga: Jokowi pastikan distribusi vaksin Covid-19 merata di seluruh Indonesia

Editor: Adi Wikanto

Terbaru