Jadi obat batuk herbal, inilah 5 manfaat daun binahong

Kamis, 16 September 2021 | 10:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi obat batuk herbal, inilah 5 manfaat daun binahong

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat daun binahong dengan teratur mengonsumsi dosis yang tepat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat daun binahong datang dari vitamin, mineral, dan jenis nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Supaya hasil yang Anda dapat bisa maksimal, usahakan untuk menggunakan daun binahong secara teratur.

Mengutip dari Go For Healthy Live (letsgoforhealthylive.com), zat besi, kalsium, vitamin C, dan antioksidan adalah beberapa jenis nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari daun binahong. Tentu saja ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat itu.

Pertama, Anda bisa merebus daun binahong lalu meminum air rebusannya. Kedua, Anda bisa mengonsumsi daun binahong dalam bentuk suplemen. Mengolahnya menjadi sayur lalu dijadikan menu sehat sehari-hari juga bisa Anda coba.

Namun, pastikan untuk tetap melakukan konsultasi ke dokter, ya. Khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi tertentu. Dengan begitu, dosis daun binahong yang Anda konsumsi tak memicu efek samping.

Baca Juga: 5 Rekomendasi buah-buahan untuk tekanan darah tinggi

Mengobati Sakit Perut

Salah satu faktor yang umum jadi penyebab sakit perut adalah asam lambung naik. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi daun binahong. Selain mengontrol produksi asam lambung, antioksidan yang ada dalam daun binahong juga efektif melawan radikal bebas penyebab penyakit lain.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah menjaga kesehatan indra penglihatan Anda. Selain mengandung banyak vitamin A, daun binahong juga dipenuhi dengan vitamin C, luthein, beta karoten, dan jenis antioksidan lain yang baik untuk kesehatan mata.

Menurunkan Kolesterol

Jumlah kolesterol yang terlalu banyak bisa menyebabkan banyak penyakit, lo. Jenis lemak itu mampu mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah terganggu. Saat hal itu terjadi, tekanan darah tinggi dan risiko penyakit lain dapat Anda alami.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi daun binahong. Rutin melakukannya dapat menurunkan jumlah kolesterol sehingga risiko penyakit lain yang membahayakan kesehatan dapat Anda kurangi.

Baca Juga: Menghilangkan bau badan, ini 4 manfaat beluntas untuk kesehatan

Mengobati Batuk

Salah satu manfaat daun binahong adalah jadi obat batuk.

Manfaat daun binahong berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah bahan alami itu dapat dijadikan obat batuk herbal. Kandungan dalam daun binahong mampu melawan bakteri atau benda asing yang menginfeksi tubuh dan memicu batuk.

Mengatasi Nyeri Haid

Ada banyak wanita yang sering mengalami nyeri haid. Jika Anda salah satunya, Go For Healthy Live merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi daun binahong. Seperti yang terlah dikatakan pula, daun binahong memiliki zat besi yang mana mampu mengganti darah dalam tubuh yang hilang karena menstruasi.

Selanjutnya: Diamkan selama 12 jam, ini 9 manfaat air rendaman mentimun untuk tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru