Jangan salah pilih, 7 jurusan yang lulusannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan

Selasa, 12 Januari 2021 | 04:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan salah pilih, 7 jurusan yang lulusannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan


KONTAN.CO.ID -  Saat memilih jurusan kuliah, siswa perlu cermat dan hati-hati. Hal ini dikarenakan tidak semual lulusan banyak dibutuhkan dan diserap oleh perusahaan. 

Ada beberapa jurusan yang akan selalu dibutuhkan meskipun zaman berganti. Di sisi lain, lulusan di beberapa jurusan menghadapi kesulitan saat mencari kerja.  

Namun demikian, semuanya kembali pada diri masing-masing. Jurusan tidak menjadi tolok ukur utama seseorang mudah mendapatkan pekerjaan. 

Memperbanyak soft skill dan hard skill bisa membantu kalian mudah mendapatkan pekerjaan. Simak beberapa jurusan kuliah yang akan banyak dicari perusahaan di masa depan, dihimpun dari Indeed.com.

  • Ilmu komputer dan teknik informatika

Semakin berkembangnya teknologi, jurusan ilmu komputer dan teknik informatika akan semakin dicari perusahaan. Lulusan dari jurusan ini banyak diserap di hampir semua sektor industri. 

Kebutuhan akan teknologi seperti website, aplikasi, dan software membuat kebutuhan ahli IT selalu tinggi di dunia kerja. Jika kalian ingin segera bekerja setelah lulus, bisa memilih jurusan ini.

Baca Juga: Bank BNI buka lowongan kerja terbaru 2021, simak informasinya

  • Psikologi

Jurusan ini sering dipandang sebelah mata. Nyatanya kebutuhan lulusan psikologi cukup banyak.  Melansir Indeed.com, pekerjaan yang berkaitan dengan psikologi diharapkan tumbuh sekitar 14 persen diantara tahun 2018-2028. 

Jurusan kuliah ini banyak dicari perusahaan untuk menduduki berbagai posisi. Tidak hanya sebagai staf personalia, lulusan psikologi juga bisa menempati posisi lain.

  • Pendidikan

Ujung tombak pendidikan adalah guru, karenanya lulusan pendidikan selalu banyak dibutuhkan. Lulusan pendidikan di berbagai mata pelajaran akan selalu dibutuhkan di sekolah negeri dan swasta.  Selain menjadi guru di sektor formal, kalian bisa menjadi konsultan pendidikan atau menjadi relawan pendidikan. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru