Jangan sampai keliru, ini bedanya resume, CV, dan portofolio

Selasa, 03 Agustus 2021 | 15:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan sampai keliru, ini bedanya resume, CV, dan portofolio

ILUSTRASI. Jangan sampai keliru, ini bedanya resume, CV, dan portofolio.

KONTAN.CO.ID - CV, resume, dan portofolio memang sering membuat bingung mahasiswa dan pencari kerja. Ketiga dokumen ini memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui. 

CV, resume, dan portofolio memiliki perbedaan dari isi hingga kegunaannya. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Ditjen Dikti melalui akun Instagram-nya memberikan penjelasan mengenai CV, resume, dan portofolio. 

Pada saat melamar kerja, beberapa perusahaan akan meminta CV, resume, dan portofolio. Namun, ada juga perusahaan yang hanya meminta CV saja tanpa resume dan portofolio. 

"Pada tahap melamar kerja, dokumen seperti curriculum vitae (CV), resume, atau portofolio merupakan salah satu syarat penting yang selalu ada untuk memenuhi tahap seleksi administrasi," sebut Ditjen Dikti. 

Simak perbedaan dari CV, resume, dan portofolio di bawah ini, dirangkum dari Instagram Ditjen Dikti. 

Baca Juga: Mengenal badan usaha: Pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya

Curriculum Vitae atau CV

Curriculum vitae atau biasa disingkat CV berasal dari bahasa Latin yang berarti jalan hidup (seseorang). CV berisikan daftar riwayat hidup yang memuat data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan secara rinci. 

Desain CV bisa dibuat sedemikian rupa sehingga tampak menarik. Dokumen ini bisa terdiri lebih dari dua halaman. 

Dalam CV, Anda mencantumkan informasi deskriptif dan lengkap tentang perjalanan karier Anda. Urutan isi komprehensif dari CV adalah:

  • Penjabaran riwayat akademis
  • Kemampuan diri
  • Pengalaman
  • Kualifikasi

Pada poin kualifikasi, sebaiknya jabarkan lebih detail untuk menambah nilai plus pada CV. CV bisa digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan atau keperluan akademis. 

Resume

Jika CV berasal dari bahasa latin, resume berasal dari Bahasa Prancis yang berarti meringkas. Seperti artinya, dokumen ini berisikan gambaran singkat tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang relevan. 

Resume dibuat dengan desain yang lebih formal dan tidak terlalu meriah. Dalam resume, foto yang dicantumkan juga merupakan foto yang formal. 

Baca Juga: Lowongan kerja terbaru di produsen minuman Pocari Sweat, ada posisi untuk lulusan SMA

Tidak seperti CV, resume hanya terdiri dari satu halaman saja. Dalam satu halaman tersebut sudah terkandung informasi identitas diri, pengalaman kerja terakhir, skill, kualifikasi, serta informasi yang disesuaikan dengan posisi yang dilamar. 

Resume biasanya dipakai saat Anda akan melamar pekerjaan profesional. 

Portofolio

Portofolio merupakan sebuah dokumen berisi kumpulan hasil karya terbaik yang disajikan untuk menambah penilaian perusahaan tentang skill dan kualifikasi seseorang.  

Dokumen ini bisa dibuat dengan berbagai desain menarik agar lebih memikat. Portofolio bisa terdiri dari banyak halaman yang berisikan CV atau resume serta hasil karya beserta deskripsi. 

Saat membuat dokumen ini, pilih hasil karya Anda yang terbaik dan jangan lupa cantumkan deskripsi singkatnya. Pastikan hasil karya yang dicantumkan sudah sesuai dengan posisi yang hendak dilamar. 

Portofolio bisa digunakan untuk melamar pekerjaan dan keperluan akademis yang membutuhkan keahlian khusus. Fotografi, web developer, dan desain grafis adalah contoh pekerjaan atau bidang akademis yang membutuhkan portofolio. 

Selanjutnya: Cara menyanggah hasil seleksi administrasi CPNS 2021 bagi peserta yang tidak lulus

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru