Jangan Sampai Loyo, Ini Tips Jaga Tubuh Tetap Fit saat Mudik Lebaran 2022

Minggu, 01 Mei 2022 | 09:36 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan Sampai Loyo, Ini Tips Jaga Tubuh Tetap Fit saat Mudik Lebaran 2022

ILUSTRASI. Jangan Sampai Loyo, Ini Tips Jaga Tubuh Tetap Fit saat Mudik Lebaran. KONTAN/Fransiskus Simbolon


MUDIK LEBARAN -  Menjaga tubuh agar tetap fit meski dalam perjalanan mudik Lebaran 2022 penting untuk dilakukan. Jangan sampai Anda kelelahan dan loyo saat datang ke kampung halaman. 

Perjalanan mudik Lebaran yang jauh terkadang membuat kebugaran tubuh menurun. Hal ini disebabkan oleh pergerakan yang terbatas hingga duduk terlalu lama. 

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), dr Nur Sulastri, menjelaskan jika posisi tubuh yang relatif sedikit bergerak menyebabkan nyeri sendi dan otot. 

Parahnya, kondisi ini bisa menyebabkan kaki bengkak karena darah menumpuk. Karenanya gerakan olahraga ringan perlu dilakukan selama perjalanan. 

Baca Juga: Tips Jitu Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran 2022, Pemudik Bisa Coba

“Kita bisa melakukan peregangan otot perut, punggung bawah, leher dan bahu, dapat dilakukan tiap 30 menit," jelas dr Nur seperti dikutip dari situs Unair. 

Pergelangan kaki perlu rutin digerakkan, baik itu gerakan memutar maupun gerakan naik turun pada bagian pergelangan kaki atau ankle pumping untuk mengurangi bengkak. 

Selain olahraga ringan, istirahat yang banyak sebelum melakukan mudik bisa menjaga tubuh tetap prima. 

Anda bisa beristirahat di rest area untuk beristirahat dan melakukan latihan punggung dan core muscles atau latihan otot untuk nyeri punggung bagian bawah. 

“Hindari mengemudi saat mengantuk dan kalau perlu, bisa disiapkan membawa ice pack untuk kompres, bila sewaktu-waktu timbul nyeri otot atau sendi saat perjalanan,” tambahnya

Tips berpuasa saat mudik agar tetap fit

Pemudik tidak jarang tetap menjalankan ibadah puasa meski sedang dalam perjalanan mudik Lebaran. 

Kondisi ini terkadang membuat kebugaran tubuh menurun. Karena, meskipun dalam keadaan duduk, tubuh tetap membutuhkan energi yang cukup. 

Dokter Nur menyarankan agar pemudik melaksanakan sahur atau berbuka dengan tepat untuk menjaga tubuh tetap bugar. 

Baca Juga: Tertarik Kerja di Kedutaan? Kedubes Amerika Buka Lowongan Terbaru, Cek Syaratnya Ini

“Apabila saat perjalanan kita melewati waktu sahur dan berbuka, maka saat sahur sebaiknya dilakukan se-akhir mungkin. Yaitu, mendekati waktu subuh, dan jangan melewatkan makan sahur. Kemudian, segeralah berbuka saat tiba waktu berbuka jangan ditunda-tunda,”tambahnya 

Selain sahur dan berbuka, pemudik juga harus memperhatikan asupan cairan yang diminum. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan minimal cairan yaitu 1,5 liter per hari untuk mencegah dehidrasi. 

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum dengan selai kacang. 

“Boleh konsumsi vitamin yang mengandung vitamin C dan zinc untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” imbuhnya.

Hal yang perlu dihindari saat mudik Lebaran

Agar tubuh tetap fit selama perjalanan mudik Lebaran 2022, ada beberapa hal yang perlu dihindari pemudik. Salah satunya adalah posisi duduk yang tidak tepat sehingga membuat tubuh tidak nyaman. 

Perhatikan tempat duduk pada kendaraan Anda, apakah sudah cukup menyokong tulang punggung bawah maupun leher atau tidak. 

"Jika diperlukan bisa menggunakan back support untuk kursi dan bantal leher. Agar, posisi leher kita tetap dalam posisi yang optimal,” kata dokter Nur.

Baca Juga: 20 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2022, Kampus Ini Jadi Nomor 1

Posisi kaki juga penting untuk diperhatikan saat melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan. Hindari posisi kaki yang menggantung karena dapat menyebabkan bengkak pada kaki. 

Perhatikan juga posisi saat Anda mengangkat koper dan tas yang berat. Dianjurkan untuk mengangkat koper dengan tubuh tegak dan menggunakan support yang cukup seperti mengangkat dengan kedua tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru