Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan yang Sesuai dengan Kemampuan

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan yang Sesuai dengan Kemampuan

ILUSTRASI. Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan yang Sesuai dengan Kemampuan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.


PERGURUAN TINGGI - Jakarta. Jangan sampai salah memilih jurusan kuliah, siswa perlu tahu beragam tips agar tidak salah saat memilih program studi (prodi) atau jurusan saat mendaftar kuliah.

Banyak siswa yang memilih jurusan karena ikut dengan teman atau pilihan orangtua. Beberapa diantaranya memilih jurusan kuliah karena dianggap paling mudah untuk diikuti dan peluang masuknya yang tinggi.

Padahal belum tentu jurusan orang lain bisa pas dengan kemampuan dan minat Anda sendiri. Akibatnya beberapa mahasiswa merasa tidak mampu mengikuti perkuliahan atau tidak sesuai dengan keinginan mereka. 

Jika sudah demikian mahasiswa bisa saja memilih untuk berhenti kuliah atau tidak maksimal mengikuti perkuliahan. Waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan selama ini menjadi sia-sia dan Anda harus mengulang dari awal jika memilih mendaftar jurusan lain. 

Baca Juga: 15 Jurusan Saintek UI yang Sepi Peminat di SNMPTN 2021, Buat Referensi Tahun Ini

Agar tidak salah pilih, Anda bisa mencoba beberapa tips memilih jurusan yang sesuai untuk Anda berikut ini, dirangkum dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek, @ditjen.dikti.

Memahami minat dan bakat

Penting untuk mengetahui minat dan bakat Anda sebelum memilih jurusan kuliah. 

Dengan mengetahui minat dan bakat yang Anda miliki, memilih jurusan bisa lebih mudah dan sesuai dengan kapasitas kemampuan Anda. 

Setelah menemukan minat serta bakat, Anda bisa membangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan pilihan Anda. 

Berkonsultasi dengan orang lain

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat selanjutnya adalah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman.

Anda bisa berdiskusi dengan orangtua, saudara, atau kakak kelas yang sudah berkuliah. 

Tanyakan hal-hal seperti gambaran perkuliahan, materi kuliah, keuntungan dan kelemahan, serta prospek kerja jurusan yang akan Anda pilih. 

Baca Juga: Universitas Pertamina Buka Lowongan Kerja 2022 di Banyak Formasi, Simak Kriterianya

Melakukan riset

Selain bertanya dengan orang lain, Anda bisa melakukan riset untuk mendapatkan gambaran jurusan yang akan dipilih. 

Cari sebanyak-banyaknya informasi mulai dari bidang ilmu, prospek kerja, rekam jejak alumni, dan hal-hal lain tentang jurusan impian Anda.

Setelah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan, Anda bisa mulai mempertimbangkan jurusan mana yang pas dengan kemampuan baik kemampuan diri maupun biayanya.  

Bertanggung jawab

Setelah memilih jurusan yang memang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dan memiliki prospek yang bagus, Anda perlu bertanggung jawab dengan pilihan tersebut. 

Tumbuhkan rasa tanggung jawab kepada pilihan jurusan Anda agar saat menjalani perkuliahan Anda bisa optimal dan bersungguh-sungguh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru