CLOSE [X]

Jelang Arus Balik Lebaran, Simak 6 Tips biar Aman selama Perjalanan

Selasa, 03 Mei 2022 | 09:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Jelang Arus Balik Lebaran, Simak 6 Tips biar Aman selama Perjalanan

ILUSTRASI. Tips agar aman selama perjalanan arus balik Lebaran. KONTAN/Fransiskus Simbolon.


KONTAN.CO.ID - Setelah puas merayakan Hari Raya Lebaran dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, Anda wajib mengetahui beberapa tips agar aman selama perjalanan arus balik.

Pemerintah tahun ini mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran, setelah sebelumnya selama dua tahun ritual pulang kampung saat hari raya tidak diperbolehkan karena pandemi Covid-19.

Untuk menjaga keselamatan selama perjalanan arus balik Lebaran, simak tips yang dilansir dari Travelers berikut:

1. Membawa kartu indentitas

Salah satu hal yang penting dibawa saat perjalanan adalah kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Lebih bagusnya lagi, Anda membawa salinan atau fotocopy kartu identitas tersebut. Takutnya, akan dibutuhkan selama perjalanan. 

Baca Juga: Tradisi Makan di Atas Daun Pisang, Ternyata Ada Manfaatnya Lo

2. Merampingkan dompet

Merampingkan dompet sebelum perjalanan juga penting untuk dilakukan. Masukan barang-barang yang penting saja di dompet dan buat seramping mungkin untuk menghindari pencurian.

Pasalnya, dompet sangat rawan terhadap pencurian saat perjalanan.

3. Periksa kendaraan yang akan digunakan

Sebelum Anda melakukan perjalanan, periksa kembali ulasan-ulasan terkait kendaraan yang akan Anda pilih. Ini supaya Anda bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus membuat perjalanan menjadi lebih aman.

4. Jangan terlalu mencolok

Usahakan untuk tidak terlalu mencolok, baik dalam berpakaian, berbicara, maupun berprilaku. Sebab, ini akan memperlancarkan perjalanan Anda jika bisa beradaptasi dengan baik selama perjalanan.

Baca Juga: Apa Itu Buah Bit? Ini 7 Manfaat bagi Kesehatan Jika Mengonsumsinya

5. Periksa cuaca

Memeriksa cuaca adalah salah satu tips yang sangat penting untuk dilakukan sebelum perjalanan. Apalagi, jika Anda menggunakan motor, usahakan menghindari cuaca hujan karena bisa menghambat perjalanan.

6. Hindari posting

Saat perjalanan apalagi menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya menghindari mem-posting ketidakhadiran Anda di rumah. Soalnya, hal tersebut berisiko untuk keamanan rumah dan Anda selama perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru