Mampu Menurunkan Risiko Diabetes, Kenali 10 Manfaat Mengkonsumsi Daun Pepaya

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:57 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mampu Menurunkan Risiko Diabetes, Kenali 10 Manfaat Mengkonsumsi Daun Pepaya

ILUSTRASI. Daun pepaya.


KESEHATAN - Selain buahnya, daun pepaya juga dikenal mempunyai banyak khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya mampu menurunkan risiko diabetes. 

Pasalnya, daun pepaya juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran daun pepaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan mempunyai rasa yang pahit, daun pepaya kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan tradisional seperti lotek, pecel, hingga dijadikan sayuran pelengkap berbagai makanan yang ditumis. 

Baca Juga: Jadwal Piala Presiden 2022 Hari Ini: Borneo FC VS RANS Nusantara FC

Lantas apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan?

Melansir dari Pharmeasy, berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, di antaranya: 

Menurunkan Risiko Diabetes

Daun pepaya bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi keinginan manis dan risiko terkena diabetes. 

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi ekstrak daun pepaya dapst membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol karena adanya serat makanan di dalamnya.

Melancarkan Pencernaan

Daun pepaya mengandung air dan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Enzim papain yang ada dalam daun pepaya membantu proses pencernaan yang mudah dengan memecah protein. 

Dengan meminum segelas jus daun pepaya setiap hari dapat mencegah banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan lain-lain.

Baca Juga: Mampu Menjaga Sistem Pencernaan, Simak 6 Manfaat Buah Belimbing Berikut

Mencegah Kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat antikanker. Kandungan tersebut bermanfat untuk mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut. 

Sesuai penelitian, ekstrak daun pepaya efektif dalam kanker usus besar dan prostat. Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menetralisir pertumbuhan sel kanker.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru