Melembabkan kulit, simak 5 manfaat air mawar berikut ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Melembabkan kulit, simak 5 manfaat air mawar berikut ini

ILUSTRASI. Berbagai macam manfaat air mawar bisa Anda dapatkan.


KESEHATAN - JAKARTA. Air mawar digemari oleh banyak orang karena berbagai macam alasan. Mulai dari kemampuannya melembabkan kulit hingga kandungan lain yang ada di dalamnya. Anda bisa mendapat manfaat air mawar dengan memakainya secara teratur.

Antiseptik, antiinflamasi, dan antibakteri adalah beberapa jenis kandungan penting yang terdapat dalam air mawar. Selain bisa didapat di apotek, air mawar juga bisa Anda buat sendiri di rumah, lo. Caranya dengan merebus kelopak mawar dengan air suling.

Meski cukup aman digunakan oleh semua tipe kulit, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Apabil tak ada reaksi alergi apapun yang Anda alami, maka Anda bisa memakai air mawar secara teratur.

Meredakan Peradangan

Seperti yang telah disebutkan, air mawar mengandung antiinflamasi. Hal itu menunjukkan bahwa air mawar cocok digunakan untuk mengatasi peradangan di kulit. Misalnya, kulit kemerahan akibat iritasi atau jerawat.

Baca Juga: Coba 5 cara memerahkan bibir secara alami ini, yuk

Mengobati Luka

Mengutip dari Byrdie (byrdie.com), air mawar bisa digunakan untuk mengobati luka akibat pisau cukur. Astringen alami dan antibakteri yang terdapat dalam air mawar mampu mencegah iritasi. Dengan begitu, luka di kulit bisa sembuh dengan lebih cepat.

Memaksimalkan Efek Sheet Mask

Siapa yang rajin menggunakan sheet mask? Ternyata, manfaat air mawar yang lain adalah memaksimalkan efek sheet mask, lo. Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah.

Pertama, Anda perlu mencuci wajah terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasi air mawar pada kulit menggunakan kapas lalu aplikasikan sheet mask. Air mawar akan membantu kandungan sheet mask masuk ke kulit dengan optimal.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah ini bisa pakai bahan-bahan alami

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat air mawar adalah menjaga kesehatan rambut.

Manfaat air mawar yang lain adalah menjaga kesehatan rambut. Caranya, campur 2 sdm air mawar dalam segelas air. Setelah mencuci rambut memakai sampo yang biasa Anda pakai, gunakan air mawar tersebut untuk membilas rambut. Selain menyehatkan, air mawar juga bisa membuat rambut beraroma segar.

Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat air mawar adalah melembabkan kulit kering.

Bukan lagi jadi rahasia apabila air mawar efektif melembabkan kulit. Melansir Byrdie, Anda perlu menggunakan air mawar secara teratur setiap selesai mandi. Selanjutnya, pakai body lotion favorit Anda untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan begitu, kulit kering bisa teratasi dengan baik.

Selanjutnya: Resep dan cara membuat teh bunga telang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru