Menurunkan gula darah, berikut 5 manfaat daun kelor

Selasa, 14 September 2021 | 08:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Menurunkan gula darah, berikut 5 manfaat daun kelor

ILUSTRASI. Berbagai macam manfaat daun kelor berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda suka makan sayur daun kelor? Ternyata, ada banyak manfaat daun kelor yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda, lo. Tentu saja hal itu datang dari berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam daun kelor.

Mengutip dari Aduna (aduna.com), daun kelor memiliki banyak antioksidan, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, serat, protein, dan nutrisi yang lain. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kebutuhan tubuh akan berbagai macam nutrisi dapat terpenuhi.

Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa mengonsumsi daun kelor dalam bentuk suplemen. Namun, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsinya, ya. Terlebih bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Menurunkan Gula Darah

Jika Anda mencari cara menurunkan gula darah, maka mengonsumsi daun kelor secara teratur bisa dijadikan pilihan. Menurut sebuah penelitian, mengganti 5 g protein hewani dengan protein nabati per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 18%.

Baca Juga: 4 Manfaat daun sirsak, jadi cara meningkatkan imun tubuh

Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun kelor berikutnya dapat Anda gunakan sebagai penurun berat badan. Kandungan serat yang cukup tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi daun kelor. Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi kalori berlebih pun dapat Anda hindari.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Supaya tubuh tak mudah terinfeksi penyakit, Anda perlu memiliki sistem imun yang kuat. Bukan tanpa alasan, daun kelor mengandung banyak zat besi dan vitamin A yang mana baik untuk daya tahan tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, daun kelor juga memiliki antikanker yang bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat daun kelor tersebut.

Baca Juga: Pakai 5 bahan ini sebagai cara membersihkan usus kotor

Menjaga Kesehatan Kulit

Sama seperti bagian tubuh yang lain, kondisi kulit perlu dijaga supaya tetap sehat. Caranya adalah dengan rutin memanfaatkan daun kelor. Seperti yang telah disebutkan, daun kelor memiliki vitamin A, antioksidan, dan vitamin E.

Nah, nutrisi-nutrisi tersebut mampu mencerahkan warnka kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di kulit. Antioksidan bertugas melawan radikal bebas yang menyebabkan masalah kesehatan, termasuk tanda penuaan, seperti flek hitam, kerutan, dan lain-lain.

Mengurangi Stres

Manfaat daun kelor bisa digunakan untuk mengurangi stres.

Melansir Aduna, daun kelor mampu mengurangi efek buruk dari stres yang tak terkelola dengan baik. Selain itu, rutin mengonsumsi daun kelor pun bisa mengurangi kelelahan sehingga fokus dan ketahanan diri Anda meningkat.

Selanjutnya: Kenali 4 khasiat daun salam ini, bisa jadi obat diabete

Editor: Belladina Biananda
Terbaru