Mirip, begini cara membedakan sinusitis dengan gejala Covid-19

Senin, 02 Agustus 2021 | 20:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mirip, begini cara membedakan sinusitis dengan gejala Covid-19

KONTAN.CO.ID - Ada banyak gejala Covid-19 yang dapat alami. Sayang, beberapa gejalanya bisa mirip dengan gejala lain, misalnya, sinusitis. Untuk membedakannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Sinus merupakan rongga kosong yang berada di tengkorak. Saat ada virus atau bakteri yang menginfeksi, jaringan dalam sinus dapat mengalami inflamasi atau peradangan.

E Times menyebutkan, ada beberapa persamaan antara gejala Covid-19 dan sinusitis. Mulai dari pilek, hidung tersumbat, demam, sakit kepala, kelelahan, hinga sakit tenggorokan.

Nah, ada beberapa perbedaan yang bisa Anda alami. Biasanya, sinusitis juga ditandai dengan hal lain. Misalnya, sakit gigi, bau mulut tak sedap, dan lendir yang keluar berwarna keruh.

E Times menambahkan, sinusitis biasanya ditandai pula dengan rasa sakit di beberapa bagian sinus. Hal itulah yang biasanya tak dialami oleh penderita Covid-19.

Baca Juga: Bisa menjadi ajang penyebaran virus corona, makan bersama dibatasi di banyak negara

Baca Juga: Ini cara mendapatkan paket obat gratis untuk pasien isolasi mandiri

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah waktu kemunculan gejala. Gejala sinusitis umumnya muncul secara tiba-tiba.

Di sisi lain, gejala virus corona Anda rasakan secara bertahap. Ciri-ciri Covid-19 bisa Anda alami dua hingga 14 hari setelah Anda terinfeksi virus tersebut.

Selain mewaspadai gejalanya, ada hal lain yang perlu Anda lakukan sebagai langkah pencegahan Covid-19. Pertama, dapatkan vaksin Covid-19 supaya tubuh tetap terlindungi. Kedua, terapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Hindari tempat umum dengan risiko penularan tinggi. Jika Anda terpaksa melakukannya, selalu jaga jarak dengan orang lain.

Jangan lupa untuk selalu memakai masker sesuai dengan standar dan rajin cuci tangan. Anda bisa memakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya: Varian delta sudah menyebar ke seluruh Indonesia, ini yang akan dilakukan pemerintah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru