CLOSE [X]

Mudah dipraktikkan, ini 4 cara menghilangkan bau badan

Senin, 30 Agustus 2021 | 11:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dipraktikkan, ini 4 cara menghilangkan bau badan

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bau badan perlu segera Anda coba./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/04/2012.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang memang memiliki bau badannya sendiri-sendiri. Namun, beberapa orang memiliki bau badan yang kurang sedap sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah itu, ada banyak cara menghilangkan bau badan yang layak Anda coba.

Ada banyak orang yang mengira bahwa bau badan berasal dari keringat yang Anda produksi. Sebenarnya, keringat tak memiliki bau. Bau tak sedap muncul saat keringat terkontaminasi dengan bakteri.

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai antiperspiran yang dijual di pasaran. Web MD (webmd.com) merekomendasikan Anda untuk memakai antiperspiran di ketiak setelah Anda mandi.

Gunakan antiperspiran dua kali dalam sehari. Kandungan dalam produk itu mampu mengurangi produksi keringat sehingga risiko keringat terkontaminasi dengan bakteri dapat berkurang. Selain menggunakan antiperspiran, masih banyak cara lain yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Ingin Pakai Deodorant Alami? Coba Pakai Tawas

Jaga Kebersihan

Hal utama yang perlu Anda lakukan supaya bau badan hilang tentu saja dengan menjaga kebersihan. Usahakan untuk mandi minimal satu kali dalam sehari. Dengan begitu, keringat yang menumpuk dan berisiko terkontaminasi dengan bakteri dapat berkurang.

Keringkan Dengan Benar

Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan badan secara menyeluruh. Jangan lupa untuk memerhatikan bagian-bagian tubuh yang biasa jadi tempat berkumpulnya keringat, ya. Dalam kondisi kulit yang kering, infeksi bakteri penyebab bau badan menjadi lebih sulit.

Selanjutnya, gunakan pakaian yang kering dan bersih. Jika Anda merasa berkeringat, segera ganti baju lain, ya. Perhatikan pula pemilihan ukuran baju dan bahan. Pakai baju yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Pilih Sabun yang Benar

Cara menghilangkan bau badan berikutnya yang sebaiknya Anda coba adalah menggunakan tipe sabun tertentu, misalnya sabun antibakteri. Tujuannya supaya jumlah bakteri yang ada di kulit berkurang. Untuk melihat apakah sabun mengandung antibakteri atau tidak, Anda bisa membaca keterangan di label kemasan.

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Menghindari kafein dan jenis makanan lainnya bisa jadi cara menghilangkan bau badan.

Memerhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau badan, lo. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi keringat, seperti makanan pedas, kafein, dan alkohol. Bawang merah atau makanan dengan bau menyengat juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Selanjutnya: 8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru