Pakai Bahan Alami, Cek 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Ini

Senin, 24 Januari 2022 | 12:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai Bahan Alami, Cek 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Ini

ILUSTRASI. Ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang layak Anda coba.


KESEHATAN - Bau ketiak yang berlebihan perlu segera Anda atasi karena bisa menurunkan kepercayaan diri. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya dengan bahan alami.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bau ketiak menjadi tidak sedap. Mulai dari masa pubertas, bahan pakai yang Anda gunakan, makanan yang Anda konsumsi, hingga kondisi kesehatan tertentu yang sedang Anda alami.

Langkah praktis untuk mengatasi bau ketiak tidak sedap adalah memakai deodoran. Selain itu, memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan. Meski mudah dicoba, pastikan untuk tetap mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter, ya.

Cuka apel

Kandungan di cuka apel efektif membasmi bakteri penyebab bau badan yang tidak sedap. Caranya, oleskan cuka apel di ketiak menggunakan kapas. Diamkan dulu selama 15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 12 Manfaat Baking Soda dan Cara Menggunakannya yang Mudah Dilakukan

Lemon

Mengutip dari Stylecraze, sifat bakterisida dan keasaman yang terkandung dalam lemon mampu mengatasi bau ketiak. Anda hanya perlu menggosokkan setengah bagian lemon pada ketiak, diamkan dulu hingga kering, lalu bilas dengan air. Lakukan cara tersebut sebanyak satu kali dalam sehari.

Kentang

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Stylecraze untuk mengurangi bau ketiak adalah kentang. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menurunkan pH kulit sehingga pertumbuhan bakteri dapat terhambat.

Sama seperti lemon, Anda perlu menggosokkan irisan kentang pada kulit ketiak. Diamkan dulu sampai kering sebelum Anda membilasnya dengan air. Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut satu hingga dua kali dalam sehari.

Lidah buaya

Gunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan bau ketiak.

Lidah buaya juga bisa jadi cara menghilangkan bau ketiak, lo. Bukan tanpa alasan, antioksidan dan antibakteri yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mencegah pertumbuhan bakteri sehingga bau ketiak pun dapat berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak sebelum tidur di malam hari. Saat Anda bangun di pagi hari, bersihkan sisa gel lidah buaya dengan air. Anda juga bisa minum ΒΌ gelas jus lidah buaya tiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bisa Pakai Bahan Alami

Minyak kelapa

Cara menghilangkan bau ketiak yang sebaiknya tak Anda lupakan adalah memakai minyak kelapa. Asam lemak dalam minyak kelapa berperan sebagai antimikroba yang mampu mengontrol pH kulit sehingga bakteri pun berkurang.

Oleskan minyak kelapa secukupnya pada kulit ketiak lalu biarkan hingga kering. Ulangi langkah tersebut satu hingga dua kali dalam satu hari. Anda bisa mendapat hasil yang maksimal jika menggunakannya secara rutin, apalagi setelah mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru