Pandemi corona belum berhenti, inilah 4 pencegahan Covid-19 yang mudah dilakukan

Rabu, 27 Januari 2021 | 03:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pandemi corona belum berhenti, inilah 4 pencegahan Covid-19 yang mudah dilakukan


KESEHATAN - JAKARTA. Meski vaksin Virus Corona sudah ditemukan, bukan berarti Anda menjadi lalai terhadap pencegahan Covid-19. Anda tetap perlu melindungi diri dengan berbagai macam hal supaya terhindar dari infeksi virus tersebut.

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), tubuh benar-benar terproteksi dari serangan Virus Corona dengan beberapa cara. Cara yang dimaksud adalah memakai masker, jaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin cuci tangan.

Meski awalnya terasa tidak nyaman, Anda perlu membiasakan cara-cara tersebut. Tak hanya menghindarkan Anda dari penularan virus, cara tersebut juga mengurangi risiko penularan virus dari tubuh Anda ke orang lain. Apalagi jika Anda terinfeksi Covid-19 tanpa gejala.

Pakai Masker

Selama pandemi Virus Corona, selalu pakai masker saat keluar dari rumah. Gunakan masker dengan beberapa lapis. Anda bisa memakai masker medis atau masker yang terbuat dari kain yang nyaman. Dengan begitu, droplet yang berisi virus tak bisa masuk ke tubuh melalui hidung atau mulut.

Baca Juga: Pakar epidemiologi ingatkan jaga jarak perlu jadi perhatian saat makan di luar

Jaga Jarak

Efektivitas masker sebagai pencegahan Covid-19 akan lebih maksimal jika dibarengi dengan jaga jarak. Usahakan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh enam kaki atau lebih dari 1.5 m. Jaga jarak akan menghindarkan Anda dari infeksi virus yang keluar saat orang lain batuk, bersin, atau berbicara.

Hindari Kerumunan

Melansir Best Life, batasi kegiatan di luar rumah yang melibatkan banyak orang. Apalagi jika Anda melakukan kegiatan dalam ruangan dengan ventilasi yang buruk. Beberapa tempat yang biasanya memiliki ventilasi buruk adalah bar, restoran, gym, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kasus corona di Indonesia hampir sejuta, Satgas ingatkan protokol kesehatan

Rajin Cuci Tangan

Cuci tangan jadi salah satu langkah pencegahan Covid-19 terbaik.

Pencegahan Covid-19 terbaik selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Selain menyebar melalui udara, Virus Corona juga dapat menyerang tubuh dengan menempel di tangan.

Cobalah untuk mencuci tangan selama minimal 20 detik. Pastikan sabun menjangkau sela tangan, kuku, dan seluruh bagian tangan yang lain. Dengan begitu, virus dan berbagai macam kuman lain bisa benar-benar mati.

Dalam keadaan darurat, Anda bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Selain itu, pastikan untuk tidak menyentuh bagian wajah menggunakan wajah terlalu sering untuk menghindari penularan virus.

Selanjutnya: ​Inilah 5M untuk pencegahan Covid-19 dan bedanya dengan 3M serta 3T

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru