Panduan Mengatasi Ketiak Gatal dengan 7 Bahan Alami

Sabtu, 23 Maret 2024 | 16:20 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Panduan Mengatasi Ketiak Gatal dengan 7 Bahan Alami

ILUSTRASI. Ketiak Gatal dengan Bahan Alami dan Penyebabnya


KESEHATAN - JAKARTA. Pahami penyebab ketiak yang gatal dan cara mengatasinya. Sensasi tidak nyaman pada area ketiak sering muncul seiring dengan pertumbuhan rambut.

Ketiak yang gatal adalah kondisi di mana kulit di bawah lengan mengalami rasa gatal atau iritasi yang ditandai dengan perubahan tertentu pada kulit.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini, termasuk reaksi alergi, iritasi kulit, infeksi jamur atau bakteri, kelebihan keringat, penggunaan deodoran atau antiperspiran dengan bahan kimia tertentu, dan lainnya.

Ada beragam penyebab yang dapat menjadi pemicu ketiak yang gatal, mulai dari masalah kulit hingga infeksi.

Baca Juga: Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diketahui, Waspada 8 Hal Ini

Penyebab ketiak gatal

Kulit ketiak gatal

Kondisi ketiak tidak nyaman dapat disebabkan beberapa masalah berikut.

  • Jamur Candida biasanya tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab seperti ketiak. Faktor risiko termasuk kelebihan berat badan, diabetes, atau penggunaan antibiotik baru-baru ini.
  • Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut yang terjadi ketika bakteri, biasanya staphylococcus aureus, masuk ke dalam folikel rambut dan menyebabkan peradangan serta nanah. Bakteri ini bisa masuk melalui kulit yang terluka atau bahkan dapat hidup pada pisau cukur yang kotor.
  • Dermatitis kontak terjadi saat kulit menjadi merah dan gatal setelah kontak dengan zat yang menyebabkan alergi, seperti wewangian dalam sabun mandi, sabun, deterjen, atau logam dari pisau cukur.
  • Psoriasis adalah gangguan autoimun yang membuat tubuh menyerang sel kulit sehatnya sendiri, menghasilkan kulit yang merah, tebal, bersisik, dan sangat gatal. Meskipun biasanya terjadi di bagian tubuh lain, psoriasis juga bisa terjadi di ketiak.

Pahami faktor-faktor ini untuk mengatasi ketiak yang gatal dan tidak nyaman. Untuk itu, Anda bisa meredakan rasa gatal tersebut dengan ramuan bahan alami berikut ini.

Baca Juga: 11 Gejala Diabetes yang Berbahaya, Salah Satunya Sering Lapar

Cara mengatasi ketiak gatal

Simak daftar bahan alami yang dapat membantu mengatasi ketiak gatal dilansir dari Healthline.

1. Madu Asli

Madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi gatal. Oleskan madu secukupnya pada area yang terasa gatal dan biarkan beberapa saat sebelum dibilas.

2. Minyak dari Pohon Teh (Tea Tree)

Minyak tea tree memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi kulit yang bisa menjadi penyebab rasa gatal. Namun, pastikan untuk melarutkan minyak tea tree dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa sebelum digunakan pada kulit, untuk menghindari iritasi.

3. Rasa Segar dari Daun Mint

Nah, Anda bisa menggunakan daun mint yang ditumbuk atau jus mint segar pada area ketiak yang gatal dapat memberikan sensasi dingin yang membantu mengurangi rasa gatal.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga memiliki banyak manfaat dalam merawat masalah kulit termasuk gatal pada ketiak. Anda bisa mengompres area yang gatal dengan cuka sari apel menggunakan kapas, lalu biarkan mengering.

5. Gel Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel yang dihasilkan dari lidah buaya memiliki kemampuan untuk menenangkan dan meredakan gatal serta mengurangi peradangan pada kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel segar dari lidah buaya pada bagian yang terasa gatal, lalu biarkan hingga mengering sebelum dibilas.

6. Minyak dari Kelapa

Minyak kelapa memiliki khasiat sebagai antiseptik dan pelembap yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada area ketiak yang gatal dan biarkan meresap.

7. Soda Kue

Soda kue memiliki sifat anti-gatal dan antiinflamasi. Mulai dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada bagian ketiak yang terasa gatal. Bilas setelah beberapa menit dan bisa diulangi setelah lebih dari 24 jam.

Apabila gatal pada ketiak tidak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius atau infeksi yang memerlukan perawatan medis.

Selain itu, penting untuk menghindari menggaruk area yang gatal, karena dapat memperparah masalah dan menyebabkan luka.

Itulah informasi terkait cara mengatasi ketiak gatal beserta beberapa kemungkinan penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru