Perlu dicoba, inilah 5 cara mengatasi mual saat hamil

Senin, 21 Juni 2021 | 14:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu dicoba, inilah 5 cara mengatasi mual saat hamil

ILUSTRASI. Cara mengatasi mual saat hamil bisa Anda lakukan dengan memakai bahan alami.

KONTAN.CO.ID - Mual adalah salah satu kondisi yang biasa dialami oleh ibu hamil. Tentu saja hal itu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada berbagai macam cara mengatasi mual saat hamil yang bisa Anda praktikkan.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi supaya rasa mual berkurang. Namun, beberapa bahan makanan dalam artikel ini hanya bersifat sementara. Jika mual terus Anda alami selama lebih 24 jam, segera konsultasikan dengan dokter.

Apalagi jika ada kondisi lain yang Anda alami. Misalnya, Anda sulit mengonsumsi makanan dan minuman, tubuh menjadi dehidrasi, dan berat badan terus turun. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk memanfaatkan beberapa jenis makanan ini:

Smoothie

Mengutip dari Parents, mengonsumsi smoothie bisa jadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Jenis minuman itu mampu menetralkan asam lambung dan gula darah dalam tubuh. T

ak hanya mengatasi mual, smoothie juga bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang.

Baca Juga: ‚Äč15 Tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Mint

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mual selama hamil adalah daun mint. Daun mint memiliki aroma yang segar di mana dapat mengurangi rasa mual.

Selain mengonsumsi daun mint secara langsung, menghirup aroma yang keluar dari daun mint juga bisa Anda jadikan pilihan.

Makanan asam

Melansir Parents, mengonsumsi makanan dengan rasa yang asam bisa jadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil, lo. Anda bisa mengulur permen dengan rasa asam atau minum air lemon.

Selain itu, menghirup aroma yang keluar dari buah lemon atau buah sitrus lainnya juga dapat Anda praktikkan.

Baca Juga: 6 Manfaat jahe untuk Anda, bisa mengatasi nyeri haid

Vitamin B6

Mual saat hamil juga bisa Anda atasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, seperti salmon, keju, hati sapi, susu. Kemudian, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B6 dalam bentuk suplemen.

Jahe

Mengonsumsi jahe termasuk salah satu cara mengatasi mual saat hamil.

Bahan alami selanjutnya yang berguna untuk mengatasi rasa mual adalah jahe. Setiap kali Anda mengalami mual, cobalah untuk mengonsumsi jenis rempah itu.

Anda bisa mencampur jahe dengan makanan yang Anda konsumsi, minum air rebusan jahe, atau mencampurnya dengan teh herbal.

Selanjutnya: Cara mencegah mabuk perjalanan tanpa menggunakan obat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru