Rambut Rontok Sangat Mengganggu, Coba Rawat dengan 7 Cara Ini

Rabu, 21 Juli 2021 | 10:27 WIB   Reporter: Raissa Yulianti
Rambut Rontok Sangat Mengganggu, Coba Rawat dengan 7 Cara Ini

ILUSTRASI. Salah satu gangguan yang kerap dialami wanita adalah mengalami rambut rontok.

KONTAN.CO.ID - Salah satu gangguan yang kerap dialami wanita adalah mengalami rambut rontok. Selain membuat rambut menjadi tipis, rambut yang mudah rontok juga membuat lantai kotor karena dipenuhi rambut.

Meski telah menggunakan berbagai perawatan shampoo dan produk perawatan rambut lainnya, nyatanya rambutmu tetap rontok.

Mau tahu bagaimana cara merawat rambut agar tidak rontok? Berikut MomsMoney rangkum dari Harpers Bazaar, Self, dan Byrdie.

Rawat kulit kepalamu

Pertama-tama, rawat kulit kepalamu dengan mencari produk apakah yang cocok dan tidak terlalu keras jika bersentuhan langsung dengan kulit kepala.

Anda juga bisa merawat kulit kepala dengan menjaga kelembaban dan minyak alami yang keluar dari kepalamu. Sama seperti wajah, minyak alami yang keluar dari kepala ini penting untuk tetap dijaga.

Jangan sampai minyak alami kepala hilang karena terlalu sering keramas.

Baca Juga: 5 Grup Kpop Ini Pernah Hampir Dibubarkan, Lo!

Hindari styling rambut

Men-styling rambut seperti dicatok ataupun dikeriting membuat rambut mudah rusak dan kering. Byrdie menyarankan untuk tidak memakai alat-alat yang mampu mengeluarkan panas tinggi pada rambut.

Panas yang tinggi pada rambut yang tipis membuat rambut mudah teriritasi. Akibatnya, rambut akan mudah kering dan rentan patah.

Jika ingin menata rambut menggunakan alat-alat panas tersebut, gunakanlah krim khusus pelindung rambut agar panas dari alat tidak langsung merusak permukaan rambut.

Gunakan produk rambut yang tepat

Carilah shampoo dan conditioner yang sesuai dengan PH kulit kepalamu. Jangan gunakan produk perawatan rambut yang meninggalkan banyak residu & terlalu keras. Produk yang terlalu keras akan membuat rambut mudah rusak dan rontok.

Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas bukan akan membuat rambutmu menjadi sehat, tetapi malah rusak. Ini disebabkan kulit kepalamu terkikis oleh penggunaan bahan kimia dari shampoo.

Kulit kepala yang tidak sehat akan menyebabkan rambut mudah rusak dan menipis.

Baca Juga: Mengenal Kalori Defisit dan Tips Mudahnya

Gunakan shampoo bebas sulfat

Shampoo bebas sulfat atau Sulfate-free mampu membuat rambut dan kulit kepala tetap terhidrasi.

Menurut Michelle Cleveland, seorang penata rambut selebriti yang MomsMoney kutip dari self.com menjelaskan bahwa kandungan sulfat efektif menghilangkan kotoran rambut sekaligus menghilangkan minyak alami kepala. Lambat laun shampoo berbahan sulfat akan membuat rambutmu rusak.

Untuk itu, gunakanlah shampoo bebas sulfat. Shampoo bebas sulfat rata-rata berbahan alami yang dapat menutrisi helai-helai rambutmu. Shampoo jenis sulfate-free ini juga biasanya tidak berbusa

Meski tidak berbusa, shampoo ini sangat ampuh menumbuhkan rambut yang tipis & merawatnya hingga ke kulit kepala.

Gunakan vitamin rambut

Vitamin rambut diperlukan untuk merawat folikel rambut agar berkembang dengan sehat.

Pilihlah vitamin nutrisi rambut yang mengandung Omega-3 dan bioavailable keratin untuk menumbuhkan, menebalkan, dan menutrisi rambut hingga ke akar.

Perbaiki cara menyisir rambut

Dilansir dari self.com, setiap kali anda beres keramas, pastikan untuk menyisir dan mengeringkan rambut.

Anda bisa mengeringkan rambut dengan hairdyer yang tidak terlalu panas.

Pastikan juga sisir rambutmu menggunakan sisir bergigi besar agar rambutmu tidak kesakitan akibat menggunakan sisir bergigi kecil.

Selanjutnya: Harga Emas Pegadaian Hari Ini Berbalik Menguat, Jumat (16/7)

 

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru