Selain vaksin Covid-19, ini cara lansia meningkatkan imunitas untuk mencegah corona

Jumat, 26 Maret 2021 | 13:05 WIB Sumber: Kompas.com
Selain vaksin Covid-19, ini cara lansia meningkatkan imunitas untuk mencegah corona


COVID-19 - Jakarta. Vaksinasi lansia adalah salah satu cara bagi kelompok lanjut usia untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19. Selain vaksin Covid-19, lansia bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana untuk mencegah infeksi virus corona.

Di tengah pandemi Covid-19, memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas merupakan salah satu cara mencegah infeksi virus corona. Sistem daya tahan tubuh yang kuat akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit, termasuk virus corona.

Pada kondisi normal, sistem daya tahan tubuh dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh. Sementara, pada kondisi lemah, sistem imun ini akan kewalahan menghadapi virus maupun bakteri pengganggu, sehingga tubuh pun menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kekebalah tubuh seseorang cenderung akan menerun. Hal ini tentu akan membuat orang kelompok lanjut usia (lansia) menjadi mudah terkena berbagai penyakit.

Bukan hanya itu, mereka juga cenderung lebih berisiko mengembangkan komplikasi penyakit yang diderita atau mengalami kesakitan yang lebih parah daripada kelompok anak muda dengan kekebalan tubuh baik.

Misalnya saja, flu mungkin tidak akan menyebabkan masalah serius bagi sebagian orang. Tapi, ada risiko komplikasi pada mereka yang berusia lebih dari 65 tahun. Alasannya adalah karena kelompok lansia cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.

Baca juga: Masyarakat diminta tak perlu lagi persoalkan halal-haram vaksin Astrazeneca

Jika Anda berusia di atas 65 tahun, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh selain vaksin Covid-19 untuk mencegah infeksi virus corona:

1. Selalu makan makanan sehat

Cara lain meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 adalah selalu makan makanan sehat.  Ini termasuk makan makanan yang kaya buah dan sayuran, yang mengandung vitamin dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan.

Anda juga harus mengurangi asupan gula, lemak, dan makanan olahan, serta memilih daging tanpa lemak. Jika Anda merasa tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dari makanan Anda, Anda bisa menanyakan kepada dokter mengenai pilihan untuk mengonsumsi multivitamin atau suplemen herbal.

Simak cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru