Sering Sendawa? Kenali 6 Penyebab yang Perlu Anda Waspadai

Senin, 13 Juni 2022 | 15:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Sering Sendawa? Kenali 6 Penyebab yang Perlu Anda Waspadai

ILUSTRASI. Sendawa.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sendawa pada dasarnya adalah hal yang wajar dialami seseorang. Namun, sering sendawa justru menunjukkan adanya gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Penyebab sering sendawa juga dipengaruhi oleh banyak faktor.

Umumnya penyebab sendawa adalah terlalu banyak mengirup gas karbon dioksida, sehingga membuat jumlah gas dalam perut meningkat. Hal tersebut membuat gas yang berada di dalam perut berusaha keluar yang menyebab terjadinya sendawa.

Selain itu, jika Anda makan terlalu cepat juga dapat meningkatkan jumlah gas dalam perut loh. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terburu-buru saat makanan supaya Anda tidak sendawa terlalu sering. 

Baca Juga: Kenali 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Mudah Ditemukan, Ampuh!

Melansir dari WebMD, ada beberapa penyebab sering sendawa yang perlu diwaspadai, yaitu:

Asma

Asma adalah salah satu penyebab sering sendawa yang perlu Anda waspadai. Pasalnya, saat menderita asma saluran pernapasan meradang yang membuat tubuh Anda bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Sehingga menekan gas yang menyebabkan Anda akan sering sendawa.

Stres

Tahukah Anda bahwa stres juga dapat menjadi penyebab Anda sering sendawa?

Dilansir dari WebMD, jika seseorang mengalami stres atau cemas dapat bersendawa lebih sering dari biasanya. Pasalnya, tanpa disadari tubuh menelan udara atau gas lebih banyak yang dapat membuat lebih sering sendawa.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Ikan yang Menarik Untuk Anda Ketahui, Simak!

Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang kekurangan protein untuk memecahkan laktosa, laktosa tidak dapat dicerna dengan baik yang justru mengendap di dalam perut. Kondisi tersebut membuat jumlah gas dalam perut meningkat sehingga membuat Anda akan sering sendawa.

Makanan Pedas dan Asam

Terlalu banyam mengkonsumsi makanan pedas dan asam juga dapat menjadi penyebab Anda sering sendawa. Hal tersebut dikarenakan makanan pedas dan asam dapat memicu asam lambung baik. Oleh sebab itu Anda akan sering sendawa, karena sendawa adalah salah satu gejala asam lambung naik.

Minuman Berkabonasi

Selain makanan pedas dan asam, minuman berkabonasi juga dapat memicu Anda sering sendawa. Contohn minuman karbonasi yang dimaksud seperti minuman beralkohol atau soda. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumi minuman tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Baik Untuk Sistem Pencernaan loh

Permen Karet

Perlu Anda ketahui, permen karet juga dapat menjadi penyebab Anda sering sendawa loh. Pasalnya, mengunyah permen karet secara tidak sadar akan banyak udara masuk saat mengkonsumsi camilan tersebut. Selain itu, pemanis buatan dalam permen karet juga dapat meningkatkan kadar gas di dalamu perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru