Simak 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Salah Satunya Rajin Olahraga

Senin, 04 Juli 2022 | 15:08 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Salah Satunya Rajin Olahraga

ILUSTRASI. Cara menjaga kesehatan paru paru.


KONTAN.CO.ID - Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah paru-paru. Oleh sebab itu, paru-paru penting untuk dijaga kesehatannnya. Tak usah khawatir, ada beberapa cara mudah menjaga kesehatan paru-paru yang dapat Anda lakukan.

Paru-paru adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berperan dalam sistem pernapasan. Pasalnya, jika terkena masalah, penyakit paru-paru merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak. 

Sama seperti organ tubuh lainnya, seiring berjalannya waktu, kinerja atau fungsi paru-paru akan semakin menurun. Hal tersebut akan berdampak pada sistem pernapasan akan tergantung. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan menjaga kesehatan paru-paru sedari dini.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Susu yang Menarik Diketahui, Mampu Menurunkan Risiko Obesitas Lo

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan, di antaranya: 

Latihan bernapas dengan olahraga

Latihan bernapas dengan rajin berolahraga secara teratur mungkin adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. Sama seperti olahraga membuat tubuh Anda tetap bugar, itu juga menjaga paru-paru Anda tetap bugar.

Saat Anda berolahraga, jantung berdetak lebih cepat dan paru-paru Anda bekerja lebih keras. Tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot Anda.

Paru-paru Anda meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen itu sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan. Ini membuat otot-otot dan kesehatan paru-paru menjadi lebih baik.

Menghindari polusi udara

Polusi di udara dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Meski, saat muda paru-paru dapat menangkal berbagai racun yang disebabkan polusi, beda halnya saat usia kian menua.

Oleh karena itu, menghindari polusi udara merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: Daftar 25 Universitas Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal yang penting untuk dilakukan jika Anda serius ingin menjaga kesehatan paru-paru. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan dengan meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan. 

Soalnya, jika kebersihan tidak terjaga akan meningkatkan risiko infeksi yang notabene berbahaya untuk kesehatan paru-paru.

Bernapas dalam-dalam

Perlu Anda ketahui, bernapas dalam-dalam dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru, lo. Pernapasan dalam membantu membersihkan paru-paru dan menciptakan pertukaran oksigen penuh.

Selain itu, juga dapat membuat Anda lebih rileks dan menghilangkan sedikit stres.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Melalui SaveTik, Catat Linknya

Jangan atau berhenti merokok

Memilih untuk tidak merokok atau berhenti merokok adalah salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Anda mungkin sudah tahu bahwa merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Bahkan, itu bukan satu-satunya penyakit yang bisa ditimbulkannya. Faktanya, merokok dikaitkan dengan sebagian besar penyakit paru-paru, termasuk COPD, fibrosis paru idiopatik, dan asma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru