Simak 5 khasiat daun binahong ini, bisa jadi obat ambeien

Selasa, 23 November 2021 | 12:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Simak 5 khasiat daun binahong ini, bisa jadi obat ambeien

ILUSTRASI. Anda bisa mendapatkan berbagai macam khasiat daun binahong yang berguna untuk kesehatan. Foto: Wikipedia

KONTAN.CO.ID - Berbagai jenis khasiat daun binahong berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Tentu saja, hal itu dilatarbelakangi oleh banyaknya nutrisi yang terdapat dalam daun binahong. Misalnya, antioksidan, dan flavonoid.

Kandungan-kandungan itu mampu melawan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit. Dengan begitu, kondisi tubuh secara keseluruhan bisa terjaga. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi daun binahong secara rutin.

Untuk mendapat manfaat tersebut, Anda perlu mengolah daun binahong dengan cara yang benar. Misalnya, jangan menyimpan daun binahong dalam kulkas atau memanaskan daun binahong kembali.

Dengan mengonsumsi daun binahong secara benar, manfaat-manfaat ini akan terasa pada tubuh Anda:

Meningkatkan nafsu makan

Khasiat daun binahong selanjutnya adalah berguna sebagai penambah nafsu makan. Pertama, rebus lima lembar daun binahong dalam dua gelas air. Usahakan untuk minum air rebusan itu satu kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Batuk tak kunjung reda? Binahong efektif meredakan batuk

Meningkatkan tekanan darah

Selain meningkatkan nafsu makan, mengonsumsi daun binahong juga mampu meningkatkan tekanan darah, lo.

Drhealthbenefits.com merekomendasikan Anda untuk minum air rebusan daun binahong satu kali dalam sehari. Saat tekanan darah stabil, risiko pingsan dan darah rendah lain bisa Anda hindari.

Mengatasi ambeien

Salah satu khasiat daun binahong adalah digunakan sebagai obat ambeien.

Khasiat daun binahong selanjutnya bisa Anda gunakan sebagai obat ambeien, lo. Pertama, rebus 16 lembar daun binahong dalam tiga gelas air.

Lakukan hal tersebut sampai air rebusan tersisa sekitar satu gelas. Minum air rebusan itu setiap hari supaya ambeien bisa cepat sembuh.

Mengobati penyakit ginjal

Mengutip dari Drhealthbenefits.com, daun binahong berguna untuk mengobati penyait ginjal. Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, rebus 10 hingga 15 lembar daun binahong dalam segelas air. Minum air rebusan itu tiga kali dalam sehari.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat lain. Dikhawatirkan konsumsi daun binahong justru mengganggu efektivitas obat tersebut.

Baca Juga: Cara menghilangkan nyeri haid efektif dengan 6 makanan ini

Menambah energi

Tahukah Anda bahwa daun binahong mampu menambah energi? Jenis daun ini mengandung banyak protein yang mampu meningkatkan jumlah energi dalam tubuh.

Anda perlu merebus dua lembar daun binahong dalam dua gelas air terlebih dahulu. Selanjutnya, minum air rebusan itu secara rutin.

Itulah beberapa manfaat daun binahong yang baik untuk kesehatan. Sebagai catatan, pastikan untuk mengonsumsi daun binahong dalam porsi yang tak berlebihan, ya. Dengan begitu, risiko efek samping dari bahan alami itu dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Indo Kordsa (BRAM) akan membagikan dividen interim Rp 200 per saham, catat jadwalnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru