Tak banyak yang tahu, ini 6 cara memutihkan selangkangan

Kamis, 09 Desember 2021 | 13:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, ini 6 cara memutihkan selangkangan

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami cocok dijadikan cara memutihkan selangkangan.


KONTAN.CO.ID - Meski tidak berbahaya, kulit di bagian selangkangan yang berwarna gelap bisa mengganggu kepercayaan diri. Untuk menghindari hal itu, ada banyak cara memutihkan selangkangan yang bisa Anda lakukan.

Warna kulit selangkangan yang gelap bisa dipicu oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gesekan kulit saat berjalan, menggunakan pakaian yang terlalu ketat, kondisi kulit kering, hingga efek samping obat.

Alih-alih menggunakan pemutih kulit yang dijual di pasaran, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan pertama yang layak untuk Anda manfaatkan adalah cuka apel. Caranya, campur 2 sdm cuka apel dan 1 sdm air.

Aduk rata lalu aplikasikan air cuka apel itu pada kulit gelap menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. Selain cuka apel, tentu saja masih banyak bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga: 6 Bahan alami ini sangat cocok dijadikan pemutih ketiak

Lidah buaya

Cara mudah lainnya yang bisa Anda coba untuk mencerahkan warna kulit adalah memakai lidah buaya. Sama seperti bahan alami yang lain, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada selangkangan.

Diamkan dulu selama 20 menit sebelum Anda membersihkannya menggunakan air.

Lemon

Stylecraze merekomendasikan lemon untuk mencerahkan kulit, apalagi di bagian selangkangan. Anda hanya perlu mengaplikasikan air lemon pada kulit menggunakan kapas.

Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air. Dengan pemakaian teratur, vitamin C dalam lemon akan mencerahkan warna kulit.

Yogurt

Selain memiliki rasa yang lezat, yogurt juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara memutihkan selangkangan, lo. Cukup aplikasikan yogurt pada kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Kandungan dalam produk olahan susu itu akan mencerahkan warna kulit secara alami.

Timun

Gunakan timun sebagai cara memutihkan selangkangan.

Vitamin A yang terdapat dalam timun mampu mengontrol produksi melanin yang bisa membuat warna kulit gelap. Anda perlu memarut timun lalu memerasnya dulu supaya mendapat ekstraknya.

Aplikasikan ekstrak timun pada kulit selama 15 menit kemudian bersihkan memakai air dingin.

Baca Juga: 8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Minyak kelapa

Cara memutihkan selangkangan bisa memakai minyak kelapa.

Selangkangan yang berwarna gelap bisa terjadi karena kondisi kulit yang kering. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk menjajal minyak kelapa.

Mengutip dari Stylecraze, salah satu jenis minyak itu mampu melembabkan dan melembutkan kulit. Anda perlu menyiapkan 1 sdm minyak kelapa terlebih dahulu.

Kemudian, aplikasikan pada kulit lalu diamkan sampai kering. Anda bisa melakukan langkah itu sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang optimal.

Kunyit

Cara memutihkan selangkangan berikutnya bisa Anda lakukan dengan memakai kunyit. Curcumin, salah satu senyawa dalam kunyit, mampu mencegah produksi melanin sehingga warna kulit bisa lebih cerah.

Pertama, campur 1 sdt bubuk kunyit dengan beberapa tetes air. Aduk rata sampai berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada kulit. Diamkan dulu selama 20 hingga 30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Untuk hasil maksimal, lakukan cara tersebut sekali dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru