Tak perlu bingung, ini 5 cara mengatasi bibir kering

Selasa, 10 Agustus 2021 | 12:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak perlu bingung, ini 5 cara mengatasi bibir kering

ILUSTRASI. Beberapa cara mengatasi bibir kering bisa Anda coba dengan mudah.


KESEHATAN - Ada banyak orang yang pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Untuk menghindarinya, beberapa cara mengatasi bibir kering berikut ini perlu Anda coba.

Maklum, selain membuat tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah bisa meningkatkan risiko infeksi sehingga berbahaya untuk kesehatan. 

Mengutip dari Medical News Today, kulit di bagian bibir lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh yang lain. Paparan sinar matahari, udara dingin, atau polusi menyebabkan kondisi bibir semakin mudah terganggu.

Nah, beberapa cara di bawah ini perlu Anda praktikkan secara rutin agar kelembaban bibir terjaga. Namun, jika bibir tetap kering dan kondisinya semakin parah, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya ke dokter, ya.

Manfaatkan madu

Supaya bibir tak kering, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami, seperti madu.

Selain melembabkan, bahan alami itu juga mengandung antibakteri dan antioksidan yang efektif mencegah infeksi. Dengan begitu, kesehatan bibir bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Bibir Cantik! Ketahui 4 Urutan Lip Care Routine Ini

Gunakan teh hijau

Sama seperti madu, teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh Anda. Kandungan dalam teh hijau juga mampu meredakan peradangan yang terjadi di bibir.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, celupkan kantung teh hijau pada air hangat lalu gosokkan pada bibir secara perlahan.

Dengan pemakaian rutin, sel kulit mati yang menumpuk di bibir bisa dibersihkan sehingga regenerasi sel kulit menjadi lebih maksimal.

Minum air putih

Cara mengatasi bibir kering juga bisa Anda lakukan dengan minum air putih. Medical News Today menyebutkan, salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari. Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih setiap hari.

Namun, jumlah itu bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh dan aktivitas yang sedang Anda jalani.

Baca Juga: 5 Tips untuk Membuat Tampilan Lipstick Lebih Tahan Lama

Berhenti merokok

Berhenti merokok termasuk salah satu cara mengatasi bibir kering.

Ada banyak dampak buruk yang datang dari merokok. Mulai dari membuat bibir kering hingga mengganggu kesehatan sistem pernapasan dan tubuh secara keseluruhan.

Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter supaya kebiasaan buruk itu bisa berhenti.

Pakai minyak kelapa

Cara mengatasi bibir kering berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah menggunaan minyak kelapa. Selain melembabkan kulit, rutin memakai minyak kelapa juga bisa membuat bibir lebih lembut.

Risiko bibir pecah-pecah pun dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Green tea punya banyak manfaat bagi kecantikan kulit, cek di sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru