TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak cara daftar Grab Merchant dan syaratnya. Layanan Grab tentu tidak asing sebagai aplikasi untuk berbagai kebutuhan makanan hingga pembayaran online.
Grab Merchant adalah sebuah platform yang dirancang untuk membantu para pelaku usaha memasarkan produk atau layanan mereka melalui aplikasi Grab.
Dengan menjadi mitra Grab Merchant, bisnis dapat memperluas jangkauan pelanggan melalui layanan seperti GrabFood dan GrabMart.
Baca Juga: Ini Cara Bayar Tagihan OVO Payleter di Aplikasi Grab
Keuntungan Mendaftar Grab Merchant
Beragam fitur lengkap dan dukungan menyeluruh yang disediakan oleh platform ini memudahkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan pendapatan.
Proses pendaftaran Grab Merchant tidak dikenakan biaya alias gratis. Dengan bergabung, para pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk meningkatkan visibilitas bisnis, menarik pelanggan, dan mengoptimalkan penjualan.
Baca Juga: Intip 5 Cara Top Up OVO dari BNI melalui Aplikasi Wondr hingga ATM
Syarat daftar Grab Merchant
Menurut informasi dari laman resmi Grab, ada sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar sebagai mitra Grab Merchant:
- Foto KTP atau paspor asli (bukan fotokopi).
- Swafoto pemilik usaha bersama KTP.
- Foto menu atau katalog.
- Foto produk atau hidangan.
Baca Juga: Siap-Siap, Tokopedia Bakal Kerek Biaya Layanan Penjual Mulai 16 September 2024
Dari dokumen-dokumen tersebut harus diunggah secara digital melalui formulir online yang telah disediakan. Pastikan foto-foto yang diunggah jelas dan tidak buram.
Panduan daftar Grab Merchant Secara Online
1. Membuat Akun
Unduh aplikasi Grab Merchant dari Play Store atau App Store. Klik “Daftar” dan masukkan nomor telepon serta email bisnis, lalu lakukan verifikasi.
Kemudian, ada lampiran untuk isi data diri seperti nama lengkap dan buat kata sandi yang kuat.
2. Aktivasi Akun
Pada beranda aplikasi, pilih layanan yang ingin diaktifkan, misalnya GrabFood. Tekan "Aktifkan Sekarang" dan ikuti proses verifikasi. Tentukan kategori bisnis, seperti makanan atau minuman.
3. Lengkapi Profil Pemilik
Anda kemudian untuk unggah foto KTP dan swafoto bersama KTP. Pastikan kolom nomor KTP, nama lengkap, dan tanggal lahir terisi dengan benar. Pilih peran sebagai "Pemilik" pada kolom peran bisnis.
Baca Juga: OVO Sebut Telah Kerja Sama dengan 2 Juta Merchant untuk Layanan QRIS
4. Tambahkan Informasi Toko
Tentukan rata-rata penjualan tahunan dan bulanan (dalam IDR). Tandai lokasi toko di peta dan pastikan alamat sesuai. Isi detail lokasi yang akurat untuk memudahkan pelanggan dan pengemudi menemukan toko.
5. Isi Informasi Rekening Bank
Pilih jenis bank dan masukkan nomor rekening beserta nama pemiliknya. Jika rekening tidak atas nama pemilik bisnis, unggah foto KTP pemilik rekening dan buku tabungan.
6. Masukkan Detail Restoran
Lengkapi deskripsi restoran dan pilih hingga tiga hidangan utama. Tambahkan kata kunci (tag) yang relevan dengan bisnis Anda. Jika restoran memiliki sertifikasi halal, tandai opsinya.
Tentukan waktu persiapan hidangan dan unggah foto makanan serta menu (minimal empat foto). Atur jam operasional restoran, lalu simpan data yang telah diisi.
7. Tanda Tangan Kontrak Digital
Pastikan semua data dan dokumen sudah lengkap. Klik "Lanjutkan", baca dan setujui syarat dan ketentuan, lalu kirim formulir pendaftaran.
Lakukan tanda tangan digital melalui aplikasi VIDA. Masukkan kode OTP yang dikirimkan, lalu tanda tangani kontrak secara online.
Itulah penjelasan terkait panduan untuk mendaftarkan Grab Merchant dan syaratnya dengan mudah.
Selanjutnya: ESDM Resmi Lelang 6 Blok Migas Potensial Tahap II-2024, Tawarkan Bagi Hasil 50%
Menarik Dibaca: Tips Mencegah Microsleep Saat Berkendara Jarak Jauh di Liburan Akhir Tahun
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News