Terapi musik bisa memulihkan kesehatan mental, coba yuk!

Selasa, 20 Juli 2021 | 06:45 WIB   Reporter: Raissa Yulianti
 Terapi musik bisa memulihkan kesehatan mental, coba yuk!


MUSIK - Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Sepertinya hampir semua orang sangat menyukai musik. Jangan salah, musik memiliki manfaatnya juga, loh! Musik mampu membantu dalam memulihkan kesehatan mental.

Dikutip dari The Woods At Parkside, musik terbukti membantu mengurangi stress dan menaikkan mood anda. Orang-orang memanfaatkan musik sebagai penenang.

Sejalan dengan kutipan di atas, penelitian yang dikutip dari Discovery Mood juga menyatakan bahwa terapi musik berguna untuk berbagai pemulihan kondisi kesehatan seperti stress, depresi, insomnia, kecemasan, trauma, skizofrenia, dll.

Musik, apapun genrenya (sekalipun itu bergenre rock) selama bisa membuat anda tenang maka patutnya untuk didengarkan.

Baca Juga: Jangan asal makan, ini makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat isoman

Musik berperan dalam memproses emosi, trauma, dan kesedihan. Musik juga sebagai agen penetral suasana hati.

Menurut Very Well Mind, terapi musik berbeda dengan terapi suara.

Terapi musik termasuk ilmu yang cukup baru, sedangkan terapi suara sudah digunakan pada praktik budaya Tibet kuno.

Terapi musik fokusnya pada gejala stress & pemulihan rasa nyeri, sedangkan terapi suara menggunakan alat khusus untuk mencapai frekuensi tertentu.

Merangkum dari National Alliance on Mental Illness, terdapat 3 intervensi utama yang dilibatkan dalam menjalankan terapi musik:

Analisis lirik

Analisis lirik adalah pendekatan baru yang tidak terlalu mengancam emosi, pikiran, dan pengalaman seseorang dengan gangguan kesehatan mental.

Analisis lirik memberi kesempatan pada seseorang untuk mengidentifikasi lirik lagu yang mirip dengan pengalaman hidup mereka.

Mendengarkan musik aktif

Musik memiliki aspek yang berirama dan sifatnya berulang. Ini memacu neokorteks pada otak menganggap musik sebagai penenang & mengurangi rasa impulsif.

Kadangkala anda menyesuaikan keadaan hati dengan genre musik yang sama.

Saat sedang sedih misalnya, anda memilih mendengarkan lagu dengan lirik dan nada yang sedih pula. Namun, hal tersebut ternyata berpotensi menjebak diri anda ke dalam pusaran depresi, marah, dan rasa cemas.

Dengan adanya terapi musik, pertama-tama anda akan dibawa pada musik yang sesuai dengan kondisi hati anda saat ini. Lalu perlahan beralih ke musik yang lebih positif.

Baca Juga: PPKM bisa memicu makan berlebihan, begini 4 cara mengatasinya

Menulis lagu

Menulis lagu adalah cara positif dalam berekspresi. Siapapun dapat menulis lirik lagu yang mencerminkan kehidupan dan pengalaman pribadi. Mereka juga bisa memilih instrument mana yang paling cocok dengan suasana hatinya.

Dengan menulis dan menciptakan lagu sendiri, dapat menanamkan rasa bangga karena seseorang bisa mendengarkan hasil ciptaannya sendiri.

Terakhir, manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan terapi musik yang MomsMoney kutip dari Very Well Mind, di antaranya:

  • Mengaktifkan daerah otak yang berfungsi dalam mengontrol memori, emosi, gerakan, fungsi alam bawah sadar, pengambilan keputusan, dan penghargaan.
  • Menurunkan detak jantung & tekanan darah
  • Relaksasi
  • Melepaskan hormon endorphin (hormon kebahagiaan)
  • Menghilangkan stress
  • Membuat tenang

Selanjutnya: Sebaiknya Vitamin D Tidak Digunakan Bersama Jenis Obat Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru