Tidak perlu bingung, begini cara daftar BPJS online

Rabu, 24 November 2021 | 15:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak perlu bingung, begini cara daftar BPJS online

ILUSTRASI. Anda bisa melakukan cara daftar BPJS online dengan cara yang mudah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, proses pendaftaran berbagai macam hal semakin mudah. Tidak terkecuali jika Anda ingin memiliki BPJS. Daftar BPJS online bisa Anda lakukan hanya dengan memakai aplikasi di handphone Anda.

Melansir dari website resmi BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id), Anda bisa memakai aplikasi mobile JKN. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Playstore. Setelah proses pengunduhan selesai, aplikasi akan terpasang sehingga Anda bisa langsung memakainya.

Selain menyiapkan uang iuran yang perlu Anda bayarkan tiap bulan, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa berkas untuk melakukan daftar BPJS online. Berkas-berkas yang dimaksud adalah nomor handphone aktif, alamat email yang masih dipakai, nomor KK, serta NIK.

Setelah membuka aplikasi mobile JKN, klik pilihan pendaftaran peserta baru. Setelah membaca keterangan yang tertera, Anda bisa melanjutkan proses pendaftaran dengan klik tombol setujua. Berikutnya, Anda perlu memasukkan NIK dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga: Lupa PIN Klik BCA? Ini cara ganti password KlikBCA

Setelah beberapa saat, akan muncul data keluarga dan calon peserta yang akan terdaftar di BPJS Kesehatan. Anda perlu memasukkan semua data yang diminta dalam aplikasi tersebut kemudian klik pilihan selanjutnya.

Lalu, Anda perlu memilih fasilitas kesehatan atau faskes yang Anda inginkan dan alamat email kemudian klik simpan. Anda perlu menunggu sampai Anda menerima kode verifikasi yang dikirimkan ke email Anda.

Baca Juga: Cara dan syarat mendapatkan BSU Rp 1 juta dari Kemnaker, cek bsu.kemnaker.go.id

Selanjutnya, Anda akan mendapat nomor virtual account yang bisa Anda gunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, baik melalui mobile banking, kantor pos, ATM, dan lain sebagainya. Proses pendaftaran akan benar-benar selesai setelah Anda melakukan pembayaran iuran pertama kali.

Itulah cara yang perlu Anda lakukan sebagai daftar BPJS Online. Apabila Anda mengalami kendala terkait proses pendaftaran, jangan ragu untuk segera menghubungi cutomer service atau CS BPJS Kesehatan. Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat juga bisa Anda coba untuk meminta kejelasan.

Baca Juga: 2 Cara cek penerima BLT subsidi gaji 2021 sebesar Rp 1 juta, cair bulan ini

Selanjutnya: Kompak stagnan, harga saham BBRI & BBCA tak berubah di perdagangan bursa Rabu (24/11)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru