Tidak perlu panik, ini cara mudah mengatasi ASI yang tersumbat

Kamis, 01 Juli 2021 | 15:19 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tidak perlu panik, ini cara mudah mengatasi ASI yang tersumbat

ILUSTRASI. Tidak perlu panik, ini cara mudah mengatasi ASI yang tersumbat.

KONTAN.CO.ID -  Salah satu masalah yang sering dialami ibu menyusui adalah Air Susu Ibu atau ASI yang tersumbat.

Tidak jarang hal ini membuat ibu menjadi stres karena buah hati tidak bisa menyusu serta payudara terasa penuh dan terasa nyeri karena ASI tersumbat.

Sebelumnya ada beberapa ciri-ciri ASI yang tersumbat. Pembengkakan dan sakit pada bagian payudara merupakan ciri paling umum ASI tersumbat. 

Gejala ASI tersumbat bisa diatasi dengan beberapa cara alami. Jika Gejala tersebut dibarengi dengan demam, sebaiknya Anda segera ke dokter. 

Demam merupakan salah satu gejala mastitis. Bersumber dari Healthline, mastitis adalah tersumbatnya ASI karena infeksi pada saluran payudara.

ASI yang tersumbat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jadwal menyusui yang tidak teratur dan produksi ASI yang berlebihan bisa memicu ASI tersumbat. 

Stres, kelelahan, serta sistem imun yang menurun juga mempengaruhi kelancaran ASI. Bagaimana cara mengatasi ASI yang tersumbat tanpa disertai demam?

Berikut ini beberapa cara agar memperlancar ASI yang tersumbat dihimpun dari Healthline dan Medical News Today.

  • Kompres dengan air hangat

Cara pertama mengatasi ASI tersumbat adalah mengompres dengan air hangat. Sebelum menyusui, kompres payudara Anda dengan handuk hangat. 

Pastikan handuk yang digunakan untuk mengompres dalam keadaan bersih. Rendam sebentar handuk lalu peras hingga sedikit kering.

Letakkan handuk hangat tersebut pada payudara. Selain ASI tersumbat, ASI yang sedikit juga bisa teratasi dengan cara ini. 

  • Terus menyusui 

Kebiasaan menyusui yang tidak teratur bisa membuat ASI tersumbat. Agar ASI terus lancar, menyusui sesuai jadwal bisa membantu. 

Teruslah menyusui agar payudara terangsang untuk memproduksi susu. Sedikit demi sedikit ASI bisa lebih lancar diberikan pada buah hati.

Baca Juga: Speech delay: Pengertian, penyebab, dan tanda-tanda anak mengalaminya

  • Rubah posisi saat menyusu

Cobalah ganti posisi Anda saat menyusui. Pastikan posisi dagu buah hati mengarah ke bagian yang tersumbat. 

Posisi ini bisa membantu ASI lebih lancar dan "mengosongkan" payudara. Memang tidak nyaman, tapi bisa membantu memperlancar ASI tersumbat secara alami. 

Anda juga bisa memanfaatkan gravitasi untuk memperlancar ASI. Rebahkan bayi lalu cobalah menyusui buah hati dari atas.  

  • Memijat payudara

Memijat payudara merupakan cara paling sering dan mudah dilakukan. Cara pijat yang tepat bisa mengatasi masalah ASI tersumbat. 

Lakukan pijatan saat Anda mengompres payudara. Jangan memencet bagian yang tersumbat. Pijat ke arah puting secara perlahan. 

Setelah menyusui, pastikan ASI sudah keluar semua. Jika dirasa masih ada sisa ASI, perah hingga habis. Anda bisa memerah secara manual atau menggunakan pompa. 

Cara ini bisa menstimulasi payudara untuk segera memproduksi ASI lebih banyak.

Ada juga beberapa cara menghindari ASI tersumbat. Salah satunya adalah menggunakan bra yang sesuai tanpa kawat. Hindari juga menggunakan pakaian yang ketat selama menyusui. 

Istirahat yang cukup sangat disarankan agar produksi ASI tetap terjaga. Tetaplah berfikir positif dan hindari stres agar Anda bisa menyusui dengan lancar.

Selanjutnya: Ini 5 peran ayah dalam pengasuhan anak, sama pentingnya dengan ibu

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru