Tips Agar Tetap Bugar Meski Semalaman Begadang, Cek Apa Saja

Jumat, 18 Maret 2022 | 15:16 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Agar Tetap Bugar Meski Semalaman Begadang, Cek Apa Saja

ILUSTRASI. Tips Agar Tetap Bugar Meski Semalaman Begadang, Cek Apa Saja. dok/Health Beat


KESEHATAN -Jakarta. Banyak pekerja atau mahasiswa yang kerap kali begadang untuk menyelesaikan tugas. Agar keesokan harinya tetap bugar dan fit, berikut ini tips yang bisa Anda coba.

Pekerjaan atau tugas sering kali membuat beberapa orang terpaksa terjaga semalaman untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut. 

Setelah begadang, tentu tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar tetap segar dan produktif. Jika tidak, Anda akan merasa mengantuk dan kelelahan.

Sayangnya, di pagi hari masih banyak kegiatan yang menunggu untuk dikerjakan meski badan sedang lelah. Akibatnya, produktivitas menurun karena otak dan badan terlalu lelah.

Baca Juga: Semua Jurusan Bisa Daftar, Cek Lowongan Kerja 2022 di KAI Wisata Ini

Terlalu sering begadang juga berbahaya untuk tubuh karena siklus yang kacau sehingga organ-organ dalam tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik.  

Namun bagi pekerja atau mahasiswa yang terpaksa terjaga semalaman, ada beberapa tips agar tubuh tetap segar dan produktif setelah begadang. 

Berikut cara agar tubuh tetap bugar meski semalaman begadang dihimpun dari LifeHack dan Web MD.

  • Minum minuman berkafein

Cara paling umum agar tetap segar setelah begadang adalah minum kopi. Selain kopi, minuman berkafein, seperti teh dan coklat, bisa membuat Anda lebih terjaga di pagi hari. 

Namun, khasiat dua jenis minuman ini tidak sekuat kopi. Satu hingga dua gelas kopi bisa membantu Anda lebih segar di pagi hari. 

Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi kopi. Terlalu banyak kafein akan merusak jadwal tidur Anda yang tentu akan berefek buruk pada tubuh.

  • Nyalakan lampu 

Tips tetap segar selanjutnya walau tidak tidur semalaman adalah menyalakan lampu. Cahaya yang terang "memaksa" tubuh untuk bangun. 

Cahaya matahari atau lampu akan mengaktifkan "mode pagi" pada tubuh. Dengan cara ini, Anda bisa lebih segar dan tidak mengantuk.

Setelah bangun tidur, segera nyalakan lampu kamar Anda. Sempatkan sebentar untuk keluar rumah agar bisa melihat matahari.

Baca Juga: Gelombang 24 Prakerja Dibuka, Ini Ketentuan Upload Foto KTP dan Selfie

  • Makan dengan porsi sedikit

Hindari makan karbohidrat terlalu banyak. Nasi dan sumber karbohidrat lainnya akan membuat Anda cepat mengantuk. 

Sebaiknya kurangi karbohidrat Anda dan ganti dengan protein. Jika biasanya Anda makan tiga kali sehari, pecah menjadi 6 kali sehari. 

Durasi waktu antar jam makan yang lama membuat kadar gula darah menurun. Jika hal ini terjadi, Anda akan cepat lelah dan mengantuk. 

Dengan makan dalam porsi kecil namun sering, Anda bisa menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Jangan lupa penuhi asupan cairan dalam tubuh. Sering-seringlah minum agar otak dan tubuh lebih segar.

  • Berolahraga

Olahraga ringan bisa menjaga Anda tetap bugar setelah semalaman begadang. Sempatkan untuk peregangan ringan atau berjalan kaki agar tubuh lebih fresh. 

Jika sempat, Anda bisa melakukan yoga diiringi dengan musik yang menenangkan agar tubuh dan pikiran lebih segar dan rileks.

Kegiatan olah fisik bisa membantu otak dan tubuh kembali segar dan meningkatkan kadar hormon endorfin yang membantu mengurangi rasa sakit dan stres.

Baca Juga: Calon Mahasiswa, Cek Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN yang Dibuka 23 Maret 2022

  • Tidur siang

Tips selanjutnya agar tetap segar setelah begadang adalah tidur siang. Tidur siang singkat bisa meningkatkan kinerja otak Anda meskipun semalaman begadang.

Anda cukup tidur selama 20-30 menit di awal siang hari. Jika terlalu lama, tubuh justru akan merasa lebih lemas. 

Anda bisa tidur sebentar sekitar pukul 11-12 siang untuk mengistirahatkan tubuh dan otak. Hindari tidur di akhir siang atau mendekati sore hari agar jadwal tidur malam Anda tidak terganggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru