Tips Menjawab Pertanyaan Ceritakan tentang Diri Anda yang Tepat, biar HRD Terkesan

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:34 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Menjawab Pertanyaan Ceritakan tentang Diri Anda yang Tepat, biar HRD Terkesan

ILUSTRASI. Tips supaya tepat menjawab pertanyaan saat interview ceritakan tentang diri Anda, agar HRD terkesan.


TIPS & TRIK -  Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja adalah ceritakan tentang diri Anda. Agar jawaban yang disampaikan bisa membuat HRD terkesan, berikut ini tips yang bisa Anda gunakan.

Biasanya HRD atau pihak personalia perusahaan akan memberikan kesempatan kepada pelamar kerja untuk menceritakan tentang diri mereka di awal wawancara atau interview.

Kebanyakan peserta akan menjawab dengan menceritakan cerita mengenai dirinya sendiri mulai dari pendidikan bahkan ada yang memberikan infromasi pribadi seperti keluarga hingga status perkawinan. Tidak salah memang, tapi tindakan ini juga tidak tetap. 

Kesalahan ini biasa terjadi pada fresh graduate yang sedang menjadi pekerjaan pertama. Tahukah Anda ada makna tersendiri dari pertanyaan ceritakan tentang diri Anda? 

Baca Juga: Pendaftaran SIPSS Polri 2022 Sudah Dibuka, Simak Daftar Jurusan yang Dibutuhkan

Bersumber dari The Balance Careers, perusahaan sebenarnya ingin melihat seberapa cocok Anda dengan posisi yang dilamar. Mereka ingin tahu apakah pelamar memiliki kriteria yang pas dari ucapan si pelamar. 

Tentu untuk menjawab pertanyaan ceritakan tentang diri Anda butuh beberapa trik, agar bisa memikat HRD perusahaan yang dilamar. Berikut ini beberapa tips menjawab pertanyaan ceritakan tentang diri Anda dihimpun dari The Muse dan Indeed:

  • Kaitkan jawaban dengan posisi yang dilamar

Saat Anda mendapatkan pertanyaan untuk menceritakan tentang diri Anda, pastikan jawaban Anda sesuai dengan posisi yang dilamar. 

Misalnya, Anda melamar sebagai seorang marketing atau sales, manfaatkan pengalaman Anda berjualan online saat masih berkuliah hulu. 

Jelaskan juga kiat-kiat agar jualan Anda selalu dibeli oleh pelanggan. Tambahkan juga bagaimana Anda menyiasati kesulitan saat berjualan online. 

Recruiter bisa dengan mudah melihat potensi Anda. Tentunya, Anda bisa mendapatkan nilai lebih jika mengaitkan kisah Anda dengan posisi yang dilamar.

  • Berikan jawaban di luar CV Anda

Perusahaan sudah memiliki dan membaca CV sebelum mengundang Anda untuk interview kerja. Tidak perlu menyampaikan apa yang sudah tertulis di CV karena hanya membuang waktu. 

Mengulang informasi yang ada di CV hanya membuat pihak personalia perusahaan bosan. Karenanya, Anda hanya perlu menyampaikan informasi yang dirasa perlu tapi belum ada di CV. 

Pastikan informasi tersebut masih berkaitan dengan posisi yang dilamar. Cara menyampaikan informasi juga mencerminkan bagaimana Anda akan bersikap saat meeting.

Baca Juga: Universitas Pertamina Buka 3 Beasiswa Tahun 2022 Buat Lulusan SMA, Ini Infonya  

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru