Tips merawat perkakas mebel kayu supaya awet

Jumat, 23 Juli 2021 | 09:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Tips merawat perkakas mebel kayu supaya awet


KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang memiliki furnitur kayu dengan beragam bentuk di rumahnya. Ada yang berupa rak buku, meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Bahannya yang kuat membuat furnitur kayu terkesan lebih kokoh dan awet.

Walaupun furnitur kayu terlihat kokoh, salah langkah dalam perawatan bisa menyebabkan furnitur cepat rusak dan tidak terlihat cantik lagi. Oleh karena itu, moms perlu melakukan perawatan berkala pada furnitur kayu supaya awet.

Dilansir dari comfortfurniture.com.sg, india.com, dan furniturechoice.co.uk, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat furnitur kayu supaya awet.

Baca Juga: Cashback hingga Rp 700.000 sepanjang Juli 2021, ini harga HP Samsung M51 terbaru

Bersihkan secara teratur

Furnitur kayu butuh dibersihkan secara teratur untuk menghindari debu di permukaan furnitur. Jika debu dan kotoran tidak segera dibersihkan, mereka bisa menempel dan susah dihilangkan lo, moms.

Tidak perlu menggunakan cairan pembersih khusus, moms cukup mengelap permukaan furnitur dengan kain basah untuk menyingkiran kotoran dan debu. Moms juga bisa menyingkirkan debu dengan menggunakan kemoceng.

Hindarkan dari sinar matahari

Furnitur berbahan kayu sebaiknya dihindarkan dari sinar matahari, moms.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan dan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur kayu. Misalnya, kayu dapat mengalami pelapukan karena pergantian suhu yang ekstrim dari sinar matahari dan udara malam.

Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan perubahan pada warna furnitur. Warna kayu dapat menjadi lebih gelap atau pudar, yang mengakibatkan warna tidak merata pada permukaan furnitur.

Baca Juga: Selama PPKM darurat, jasa pengiriman Weha Transportasi (WEHA) naik tiga kali lipat

Editor: Kania Paramahita

Terbaru