10 Obat Darah Tinggi Alami yang Murah dan Mudah Didapat

Sabtu, 18 Februari 2023 | 16:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Obat Darah Tinggi Alami yang Murah dan Mudah Didapat


KESEHATAN - Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit yang cukup umum diderita banyak orang di seluruh dunia. Obat darah tinggi alami dari buah-buahan dan sayur-sayuran pun bisa menjadi salah satu obat alternatif yang bisa dikonsumsi. 

Jika tidak segera ditangani, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius lainnya. Seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Darah tinggi adalah suatu kondisi saat tekanan darah sistolik berada di angka 130/80 mmHg atau lebih pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat atau saat tenang.

Seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi apabila semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dan akibat sempitnya pembuluh darah pada arteri. Hipertensi dapat diketahui dengan pemeriksaan secara rutin pada tekanan darah.

Lantas, apa saja obat darah tinggi alami? 

Baca Juga: Tak Hanya Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Diet DASH untuk Kesehatan

Obat darah tinggi alami

Obat darah tinggi alami

Obat darah tinggi alami bisa digunakan sebagai alternatif untuk menurunkan tekanan darah. Nah, berikut ini 10 obat alami darah tinggi sebagaimana dilansir dari laman Mayo Clinic:

1. Konsumsi makanan kaya kalium dan potasium

Obat darah tinggi alami pertama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kalium serta potasium. Kalium dalam makanan dapat mengurangi efek garam (natrium) pada tekanan darah.

Sementara, sumber potasium terbaik adalah makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, bukan suplemen. Contoh pola makan yang dapat membantu mengontrol tekanan darah adalah diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dan diet Mediterania.

Baca Juga: Sering Menangis? Ini 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Sembap Setelah Menangis

2. Kurangi garam (natrium)

Obat darah tinggi alami kedua adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Bahkan sedikit mengurangi konsumsi natrium dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 6 mm Hg.

Efek asupan natrium pada tekanan darah bervariasi pada masing-masing individu. Secara umum, batasi natrium hingga 2.300 miligram (mg) sehari. Bagi orang dewasa, asupan natrium yang ideal adalah kurang dari 1.500 mg sehari. 

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Cek Ya!

Untuk mengurangi natrium dalam makanan:

  • Baca label makanan dan cari makanan dan minuman versi rendah sodium.
  • Kurangi konsumsi makanan olahan.
  • Gunakan bumbu atau rempah untuk menambah rasa pada makanan.
  • Memasak sendiri di rumah untuk mengontrol jumlah natrium dalam makanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

3. Turunkan berat badan

Tekanan darah seringkali meningkat seiring bertambahnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea), yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah.

Itu sebabnya, upaya menurunkan berat badan juga menjadi salah satu obat darah tinggi alami. Selain itu, menurunkan ukuran lingkar pinggang juga penting sebagai obat alami darah tinggi. 

Membawa terlalu banyak beban di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Waspadai! Inilah Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

Secara umum: 

  • Pria berisiko terkena darah tinggi jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 40 inci (102 sentimeter).
  • Wanita berisiko terkena darah tinggi jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 35 inci (89 sentimeter).
  • Angka-angka ini bervariasi di antara kelompok etnis di seluruh dunia. 

Baca Juga: Bisa Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lain Buah Murbei untuk Kesehatan

4. Berolahraga secara teratur

Obat darah tinggi alami keempat adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 8 mm Hg. 

Targetkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sedang setiap hari. Bagi penderita hipertensi, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih aman.

Beberapa contoh olahraga aerobik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah antara lain jalan kaki, joging, bersepeda, berenang atau menari. 

Baca Juga: Unik! Catat Ya 8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Tubuh

5. Batasi konsumsi alkohol

Membatasi konsumsi alkohol hingga kurang dari satu gelas sehari untuk wanita atau dua gelas sehari untuk pria adalah salah satu obat darah tinggi alami. 

Minum terlalu banyak alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah hingga beberapa poin. Itu juga dapat mengurangi efektivitas obat tekanan darah.

Obat darah tinggi alami

6. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah. Berhenti merokok membantu menurunkan tekanan darah. 

Hal itu juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sebagai obat darah tinggi alami, mengurangi rokok perlu Anda coba, tak perlu tergesa-gesa, namun lakukan perlahan bagi Anda yang perokok berat. 

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Cek Ya!

7. Tidur nyenyak

Obat darah tinggi alami selanjutnya adalah dengan menjaga kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk seperti tidur kurang dari enam jam setiap malam selama beberapa minggu dapat menyebabkan hipertensi. 

Sejumlah masalah dapat mengganggu tidur, termasuk sleep apnea, sindrom kaki gelisah, dan sulit tidur secara umum (insomnia).

Menemukan dan mengobati penyebabnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, jika Anda tidak menderita sleep apnea atau sindrom kaki gelisah, ikuti tips sederhana ini untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Baca Juga: 12 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

  • Patuhi jadwal tidur dengan mencoba tidur di jam yang sama bahkan di akhir pekan. 
  • Ciptakan ruang istirahat atau kamar yang tetap sejuk, tenang, dan gelap.  
  • Hindari cahaya terang, seperti dari TV atau layar komputer.
  • Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kenyang. 
  • Hindari makan besar mendekati waktu tidur. 
  • Batasi atau hindari juga nikotin, kafein, dan alkohol menjelang waktu tidur.
  • Batasi tidur siang hingga 30 menit dari biasanya dapat membantu tidur lebih cepat pada malam hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Catat ya!

8. Kurangi stres

Hidup tanpa stres juga merupakan obat darah tinggi alami. Stres emosional jangka panjang (kronis) dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Tidak ada salahnya untuk menentukan penyebab stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan atau penyakit, dan mencari cara untuk mengurangi stres. 

Coba yang berikut ini: 

  • Fokus pada masalah yang dapat Anda kendalikan dan buat rencana untuk menyelesaikannya. 
  • Hindari pemicu stres. 
  • Hindari orang yang menyebabkan stres jika memungkinkan.
  • Luangkan waktu untuk bersantai.
  • Luangkan waktu untuk aktivitas atau hobi yang menyenangkan, seperti berjalan-jalan, memasak, atau menjadi sukarelawan.
  • Berlatihlah bersyukur.

Baca Juga: 4 Manfaat Susu Jika Diminum Setiap Hari

9. Pantau tekanan darah dan lakukan pemeriksaan rutin

Obat darah tinggi alami berikutnya yaitu memeriksanya secara teratur untuk memastikan pengobatan tekana darah tinggi dan perubahan gaya hidup.

10. Dapatkan dukungan dari keluarga 

Obat darah tinggi alami terakhir adalah dengan rasa nyaman dari keluarga dan teman. Keluarga dan teman yang mendukung penting untuk kesehatan yang baik. 

Mereka mungkin mendorong Anda untuk menjaga diri sendiri, mengantar Anda ke klinik kesehatan atau memulai program olahraga untuk menjaga tekanan darah Anda tetap rendah.

Baca Juga: Waspada Musim Pancaroba, Konsumsi 6 Buah Penjaga Imun Tubuh untuk Cegah Sakit

Jika Anda merasa membutuhkan dukungan di luar keluarga dan teman Anda, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok seperti grup senam dan sebagainya. 

Hal ini dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang dapat memberi Anda dorongan emosional atau moral. Serta dapat menawarkan kiat-kiat praktis untuk mengatasi kondisi Anda.

Itulah sederet obat darah tinggi alami yang bisa Anda coba. Namun juga obat alami darah tinggi dinilai kurang efektif, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter bagaimana cara terbaik mengurangi tekanan darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru