11 Obat Tipes Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Senin, 06 Februari 2023 | 21:00 WIB   Reporter: Virdita Rizki Ratriani
11 Obat Tipes Alami yang Bisa Dicoba di Rumah


TIPS KESEHATAN - Tipes atau juga dikenal dengan demam tifoid adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi yang menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Ada beragam obat tipes alami yang bisa Anda coba di rumah. 

Serangan penyakit tipes banyak terjadi di negara-negara berkembang akibat buruknya sanitasi maupun kontaminasi pada makanan yang dikonsumsi sehingga kurang higienis. 

Tipes juga lebih sering dialami oleh anak-anak. Penyakit ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya.

Baca Juga: 7 Obat Sakit Perut Alami yang Terbukti Ampuh

Setelah masuk ke tubuh, bakteri akan menginfeksi saluran usus. Kemudian menyebar ke aliran darah.

Beberapa gejala umum dari tipes adalah demam menggigil, sakit kepala, diare, mual dan muntah, lemas, hilang selera makan, pembesaran hati, ruam pada kulit, halusinasi, hingga mimisan.

Baca Juga: Nyeri dan Demam: Ini 8 Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan

Obat tipes alami

Obat tipes alami

Nah, untuk mempercepat penyembuhan selain dengan obat yang diresepkan dokter, tidak ada salahnya mencoba obat alami tipes yang bisa disediakan sendiri di rumah.

Berikut 11 obat tipes alami sebagaimana dilansir dari Pharm Easy

1. Tingkatkan asupan cairan

Obat alami gejala tipes pertama yang bisa Anda coba adalah perbanyak cairan tubuh. Demam tifoid dapat menyebabkan muntah dan diare sehingga menimbulkan dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi, terus minum cairan. Tetap terhidrasi juga membantu menghilangkan limbah dan racun dari tubuh secara tepat waktu. Selain air putih, minumlah jus buah, air kelapa, dan sup.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh, Baik Untuk Pencernaan

2. Gunakan kompres dingin

Obat tipes alami kedua yaitu kompres. Untuk mengatasi demam tinggi, gunakan kompres dingin untuk menurunkan suhu. Anda bisa menggosok ketiak, kaki, selangkangan, dan tangan. 

Menerapkan kompres dingin bisa menurunkan demam dengan efektif. Caranya, rendam waslap dalam air es, peras kelebihan airnya dan letakkan di dahi. Ganti waslap sesering mungkin.

Baca Juga: Manis! Catat 8 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

3. Cuka sari apel

Obat tipes alami selanjutnya adalah cuka sari apel. Cuka sari apel membantu menjaga pH yang tepat dalam tubuh. Serta mengeluarkan panas dari kulit dan mengurangi suhu tubuh. 

Hilangnya mineral karena diare bisa dikompensasi dengan cuka sari apel. Campurkan satu sendok teh cuka sari apel dalam air, tambahkan madu jika perlu. Minum sebelum makan. 

Baca Juga: 6 Obat Batuk Berdahak Alami dan Cara Mengobatinya Secara Cepat

Obat Alami Tipes

4. Kemangi

Kemangi adalah antibiotik dan antimikroba. Itu sebabnya, daun kemangi bisa dijadikan obat tipes alami. Tambahkan kemangi ke air matang dan minum tiga sampai empat cangkir setiap hari.

Kemangi meningkatkan kekebalan dan menenangkan perut. Atau Anda bisa menggunakan 4-5 daun kemangi untuk dibuat pasta. Tambahkan bubuk merica ke pasta ini dan beberapa siung kunyit.

Campur semua ini dan bagi menjadi tiga bagian. Makan campuran ini setelah setiap makan. 

Baca Juga: Yuk Simak! 5 Gejala Anemia yang Penting untuk Diketahui

5. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan obat tipes alami. Sifat antimikroba yang ada dalam bawang putih membantu melawan bakteri tipes. 

Bawang putih mempercepat pemulihan dari tipes karena sifat antioksidannya. Ini meningkatkan kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh. 

Makan dua siung saat perut kosong. Tapi obat alami tipes dengan bawang putih ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil dan anak-anak. 

Baca Juga: Yuk Cek! 4 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

6. Pisang

Pisang dapat menurunkan demam dan mengobati diare pada penderita tipes. Pisang mengandung pektin, serat larut yang membantu usus menyerap cairan, sehingga menyembuhkan diare. 

Sebagai obat tipes alami, kalium dalam buah pisang membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Buah pisang adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan saat menderita tipes.

Baca Juga: Yuk Simak! 6 Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Diwaspadai

7. Cengkeh

Cengkeh juga bisa melawan bakteri penyebab tipes. Minyak atsiri dalam cengkeh memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab tipes. 

Sebagai obat tipes alami, cengkeh juga mengurangi mual dan muntah yang disebabkan oleh tipes. Rebus air dengan cengkeh, saring, lalu minum dua cangkir setiap hari.

8. Delima

Delima adalah obat tipes alami. Delima membantu dalam mencegah dehidrasi. Konsumsinya delima sebagai buah atau ambil jusnya.

Baca Juga: Sederet Gejala Tipes pada Orang Dewasa biar Tidak Salah Deteksi

Obat Alami Tipes

9. Mentega

Mentega yakni produk olahan susu yang sarat dengan probiotik. Hal ini membuat mentega tidak hanya meningkatkan kesehatan usus tetapi juga mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, mentega juga bisa membantu memecah protein yang dapat membantu proses pemulihan setelah demam Anda berlalu. Mentega adalah obat tipes alami yang dianjurkan saat demam mulai mereda. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami Tanpa Menggunakan Obat

10. Jeruk

Jeruk sarat dengan sejumlah besar vitamin, mineral, dan nutrisi penting. Jeruk membantu mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat melawan penyakit tipes. 

Selain itu, sebagai obat tipes alami, jeruk mengandung air yang dapat membantu mengurangi dehidrasi.

Makan jeruk adalah salah satu obat alami tipes yang lebih sederhana dan akan membuat Anda merasa segar kembali.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Anak Kena Tipes atau Demam Tifoid Agar Cepat Sembuh

11. Daun jambu biji

Obat tipes alami terakhir yakni daun jambu biji. Daun jambu biji dapat membantu mengurangi demam dan membatasi produksi lendir di sepanjang saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru. 

Hal ini dapat mengurangi jumlah pertumbuhan mikroba, yang dapat meredakan gejala tipes. Selain itu, daun jambu biji mengandung zat besi dan vitamin C yang tinggi. 

Keduanya dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai obat alami tipes.

Itulah sederet obat alami tipes yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Obat alami tipes ini bisa Anda padukan secara bersamaan dengan pengobatan dari dokter untuk mempercepat penyembuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru