4 Bahan alami ini bisa jadi cara mengobati mata bengkak

Selasa, 03 Agustus 2021 | 14:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami ini bisa jadi cara mengobati mata bengkak

ILUSTRASI. Kentang dan bahan alami yang lain dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengobati mata bengkak.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak masalah kesehatan yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah mata bengkak. Cara mengobati mata bengkak perlu Anda coba supaya penampilan tak terganggu.

Mata bengkak bisa terjadi di bagian kelopak mata atau bagian bawah mata. Kondisi itu bisa Anda alami karena gangguan tidur, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, atau efek dari menangis terlalu lama.

Beberapa bahan alami di bawah ini bisa membantu Anda mengatasi mata bengkak dengan lebih cepat. Namun, jika muncul reaksi alergi, segera hentikan pemakaian, ya.

Beberapa bahan alami ini juga bersifat sementara sebagai cara mengobati mata bengkak. Jadi, jika mata bengkak tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Lidah buaya

Melansir E Times, menggunakan lidah buaya bisa jadi salah satu cara mengobati mata bengkak. Alasannya, lidah buaya mengandung antiinflamasi.

Anda perlu mendinginkan gel lidah buaya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada bagian mata yang bengkak.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan mata panda ini dari bahan alami, lo

Kentang

Bahan alami lainnya yang cocok dijadikan obat mata bengkak adalah kentang. Sama seperti lidah buaya, Anda perlu mendinginkan kentang terlebih dahulu. Setelah itu, potong kentang menjadi beberapa iris.

Letakkan irisan kentang di bagian mata selama 10 hingga 15 menit. Salah satu enzim dalam kentang yang bernama katekolase berfungsi untuk mengurangi penumpukan cairan di sekitar mata.

Dengan pemakaian rutin, mata bengkak bisa sembuh dengan lebih cepat.

Timun

Mentimun dapat Anda pakai sebagai cara mengobati mata bengkak.

Jika Anda mencari cara mengobati mata bengkak, tak ada salahnya untuk mencoba timun. Sama seperti bahan alami sebelumnya, jangan lupa untuk mendinginkan timun.

Selanjutnya, letakkan irisan timun dingin di atas mata selama 20 menit supaya mata bengkak sembuh.

Baca Juga: 7 Cara menjaga kesehatan mata, terutama bagi pengguna gadget

Kantung Teh

Kantung teh tidak boleh ketinggalan dari daftar cara mengobati mata bengkak. E Times menyebutkan, antioksidan dan kafein yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mengencangkan kulit di bagian mata sehingga pembengkakan pun dapat berkurang.

Anda perlu mendinginkan kantung teh dalam kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan kantung teh dingin di atas mata selama lima hingga 10 menit. Untuk hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya secara rutin.

Selanjutnya: Dari bahan alami, berikut 5 cara menghilangkan mata panda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru