4 Cara Gampang Menguji Rambut Rusak atau Tidak

Rabu, 04 Mei 2022 | 04:45 WIB Sumber: Loreal Paris
4 Cara Gampang Menguji Rambut Rusak atau Tidak


KECANTIKAN - Rambut terkadang tidak begitu terlihat mengalami kerusakan, kecuali jika sudah cukup parah. Ternyata kesehatan rambut bisa diuji dengan beberapa cara di bawah ini. Untuk lebih meyakinkan apakah rambut dalam kondisi rusak atau tidak, coba lakukan pengujian.

Cara menguji rambut rusak cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berdasarkan loreal-paris.co.id, inilah cara mudah menguji rambut rusak atau tidak, yaitu: 

1. Menarik rambut

Salah satu cara menguji kondisi rambut adalah dengan menarik rambut untuk menguji kelenturannya. Caranya dengan membasahi 3 helai rambut. Kemudian, jepit ujung rambut dengan ibu jari dan telunjuk. Lalu, tarik rambut perlahan. Bila rambut tidak dapat meregang atau langsung patah, artinya rambut kemungkinan telah rusak.

2. Tes penyerapan air

Tingkat penyerapan rambut terhadap air bisa menjadi pertanda rambut rusak atau sehat. Cabut sehelai rambut masing-masing dari kepala bagian atas, samping, dan belakang. Setelah itu, jatuhkan helaian rambut ini ke permukaan air. Bila tenggelam, berarti rambut Anda sudah mengalami kerusakan.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Memanjangkan Bulu Mata dan Alis Secara Alami

3. Tes tekstur atau ketebalan rambut

Berikutnya, Anda bisa menguji ketebalan rambut untuk mengetahui rambut rusak atau tidak. Tes ketebalan rambut biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah rambut mengalami penipisan akibat kerontokan yang parah. Caranya, kuncir rambut dengan ikat rambut.

Bila  perlu melilitkan karet sampai 3 kali atau lebih untuk menguncir rambut, artinya rambut sudah mulai menipis. Pasalnya, ketebalan rambut yang normal hanya memerlukan 1-2 kali lilitan karet agar rambutnya terikat.

4. Tes porositas

Menguji rambut rusak lainnya adalah tes porositas. Cara ini dilakukan untuk melihat kondisi lapisan kutikula rambut. Caranya, jepit beberapa helai rambut di antara jari tengah dan telunjuk. Kemudian, susuri dari pangkal hingga ujungnya. Jika rambut terasa kasar, artinya lapisan kutikula rambut terbuka. Ini merupakan salah satu ciri-ciri rambut rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru