4 Cara mengatasi susah tidur, efektif dan mudah Anda coba

Senin, 22 November 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi susah tidur, efektif dan mudah Anda coba


KONTAN.CO.ID - Susah tidur bisa dialami siapa saja. Meski umum terjadi, bukan berarti Anda bisa membiarkannya, ya. Cara mengatasi susah tidur tetap perlu Anda lakukan biar hal itu tidak memicu kemunculan masalah lain.

Jika dibiarkan, susah tidur bisa mengurangi waktu istirahat Anda di malam hari. Akibatnya, waktu yang dimiliki tubuh Anda untuk mengembalikan kondisi yang maksimal tak bisa terjadi. Hal itulah yang membuat Anda mengalami banyak penyakit.

Jika cara-cara di bawah ini tidak memberikan hasil apapun, usahakan untuk segera mengonsultasikan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat langkah pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab susah tidur.

Yoga

Healthline menyebutkan, yoga adalah salah satu cara supaya Anda lebih mudah terlelap di malam hari. Cobalah untuk melakukan yoga selama 20 menit per hari. Seiring berjalannya waktu, stres yang jadi salah satu penyebab susah tidur dapat terkelola dengan baik.

Baca Juga: Ketahui efek samping Teh Chamomile jika diminum secara berlebihan

Konsumsi magnesium

Salah satu cara mengatasi susah tidur adalah mengonsumsi magnesium.

Cara mengatasi susah tidur yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak magnesium. Jenis mineral itu mampu membuat tubuh Anda rileks dan meredakan stres. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah tidur.

Secara umum, laki-laki membutuhkan 400 mg magnesium per hari, sedangkan wanita membutuhkan 300 mg magnesium per hari. Jumlah itu bisa berubah sesuai dengan kondisi Anda. Makanya, jangan lupa untuk membicarakannya kepada dokter, ya.

Konsumsi melatonin

Healthline merekomendasikan cara lain supaya Anda bisa tidur lebih cepat di malam hari, yaitu dengan mengonsumsi melatonin. Anda bisa mengonsumsi 5 mg melatonin 30 menit sebelum tidur di malam hari. Pastikan untuk tidak mengonsumsi melatonin berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

Baca Juga: 5 Cara ampuh bisa cepat tidur bagi pengidap insomnia

Olahraga

Rajin olahraga termasuk cara mengatasi susah tidur.

Tahukah Anda bahwa rajin olahraga termasuk salah satu cara mengatasi susah tidur? Menurut sebuah penelitian, olahraga 150 menit per minggu selama 6 bulan bisa meringankan insomnia.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat olahraga lain yang bisa Anda dapat. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, memperbaiki mood atau perasaan, meredakan depresi atau gangguan kecemasan, menambah energi, hingga menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda coba. Usahakan untuk melakukannya secara rutin selama 20 menit per hari, ya.

Selanjutnya: Inilah cara mencegah demam berdarah, gejala, dan penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru